JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

678 Napi Dapat Remisi Di Hari Raya Waisak

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 11 Mei 2017 16:24
678 Napi Dapat Remisi Di Hari Raya Waisak

int

JAKARTA – Sebanyak 678 narapidana beragama Buddha mendapatkan remisi di Hari Raya Waisak tahun 2017. Remisi khusus ini, diberikan bagi mereka yang telah menjalani sisa pidana penjara, maupun langsung bebas dari masa hukuman.

Hal ini sebagaimana disampaikan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan K. Dusak, dalam keterangan tertulis, Kamis (11/5).

“Jumlah napi yang mendapatkan Remisi di Hari Raya Waisak Tahun 2017 ini sebanyak 678 orang,” jelasnya.

Kata Dusak, remisi khusus ini diberikan kepada narapidana di sejumlah daerah. Adapun Sumatera Utara menjadi tempat terbanyak menerima remisi, dengan total 170 napi mendapat remisi.

Dijelaskan Dusak bahwa remisi khusus ini diberikan kepada narapidana beragama Buddha yang telah memenuhi sejumlah persyaratan administratif dan substantif. Seperti persyaratan telah menjalani pidana minimal 6bulan dan tidak terdaftar pada register F atau buku catatan pelanggaran disiplin narapidana. Termasuk turut aktif dalam mengikuti program pembinaan di Lapas atau Rutan.

“Pemberian pengurangan masa pidana ini diatur dalam UU 12/1995 tentang Pemasyarakatan, PP 32/1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, yang telah diubah menjadi PP Nomor 99 Tahun 2012, serta Kepres No. 174 Tahun 1999 tentang Remisi,” urainya.

Dia berharap pemberian remisi ini bisa menjadi sarana bagi narapidana untuk bisa introspeksi diri dan menyadari kesalahannya.

“Diharapkan dengan pemberian remisi ini warga binaan dapat lebih introspeksi menyadari kesalahannya sehingga mengubah perilaku menjadi lebih baik,” pungkasnya. (ian/Rmol)


Tag
div>