MINGGU , 16 DESEMBER 2018

7.748 Calon Maba Daftar Jalur UMM di UIN Alaudin Makassar

Reporter:

Lukman

Editor:

Minggu , 15 Juli 2018 19:40
7.748 Calon Maba Daftar Jalur UMM di UIN Alaudin Makassar

Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. Musafir Pababbari, M.Si, saat memberika keterangan terkait penerimaan calon maba jalur UMM.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar usai membuka jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) sejak awal Juli lalu diminati sebanyak 17. 938 orang calon mahasiswa baru.

Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. Musafir Pababbari, M.Si mengatakan jalur UMM di UIN telah ditutup. Sebanyak 7.748 mendaftar dan akan mengikuti tes.

“Sebanyak 7.748 orang, jadi itu sesuai daftar yang ada,” ujarnya, Minggu (15/7).

Dijelaskan, jumlah prodi yang ditawarkan pihak kampus saat ujian UMM itu sebanyak 54 prodi.

Jumlah Prodi yang di tawarkan itu, diminati sebanyak 17.938 peminat kemudian yang mendaftar 7.748 orang.

“Jadi, di pendaftar sebanyak 7.748 masih bisa saja 1 pendaftar itu punya pilihan 1,2 dan 3. Sehingga setelah kita jumlahkan semuanya itu peminatnya itu berjumlah 17978 tetapi yang kita luluskan insya Allah nanti berjumlah mahasiswa yang 1.372 orang,” katanya.

Lanjut dia, alasan kenapa hanya menerima 1.372 orang. Karena kuota sebagian sudah diisi oleh jalur-jalur sebelumnya seperti SNMPTN, SBMPTN TNI di jalur SPAN PTK IAIN.

“Sehingga nanti keseluruhannya akan kita menerima jumlah mahasiswa yang kita terima untuk semua jalur sebanyak 5.260 orang,” terangnya.

Dia menambahkan, dari 54 Prodi dan berapa pemintat ternyata yang sangat diminati oleh mahasiswa baru, pertama terbanyak itu adalah Teknik Informatika.

Kemudian yang kedua adalah Manajemen, ketiga adalah Ilmu Hukum, yang keempat adalah Kesehatan Masyarakat dan yang terakhir adalah Farmasi.

“Jadi 5 prodi favorit berdasarkan peminat untuk jalur ujian masuk Mandiri. Ini peran mahasiswa dan masyarakat terhadap pilihan-pilihan Prodi ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I bidang akademik UIN Alaudin Makassar, Prof. Dr. Mardan, M.Ag mengatakan, pengumuman jalur UMM pada awal Agustus mendatang. (*)


div>