KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

70 Persen Penyelundupan Narkoba Gunakan Jalur Laut

Reporter:

Sugihartono

Editor:

Iskanto

Selasa , 16 Oktober 2018 16:40
70 Persen Penyelundupan Narkoba Gunakan Jalur Laut

ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Direktorat Narkoba Polda Sulsel kembali memusnahkan narkoba jenis sabu – sabu seberat enam kilogram. Pemusnahan ini menembah daftar panjang kasus peredaran narkoba di wilayah hukum Polda Sulsel.

Setidaknya dalam periode Januari sampai Oktober, Polda Sulsel telah menangani 426 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 232 orang.

Menurut Dir Narkoba Polda Sulsel Kombes Pol Hermawan Dari 426 tersebut 390 kasus telah dilimpahkan ke kejaksaan.
”Yang sudah tahap dua yakni sekitar 390 kasus,” ujarnya di Mapolda Sulsel, Selasa (16/10).

Lebih lanjut, Hermawan mengungkapkan jika kasus yang mereka tangani sebagian besar menggunakan modus penyelundupan melalui jalur laut.

”70% itu menggunakan modus penyelundupan lewat jalur laut, 20 lewat udara, 10 lewat kargo atau jasa pengiriman,” terangnya.

Selain menyelundupkan lewat jalur laut, ia juga menemukan ada modus – modus baru yang digunakan oleh bandar ataupun pengedar untuk menyelundupkan barang haram tersebut.

”Untuk sekarang yang lagi trand lewat paket pengiriman, dikotak susu, kotak makanan, Sepatu,” ungkapnya.

Terkait banyaknya bandar narkoba yang menyelundupkan sabu-sabu lewat jalur laut. Pihaknya telah membentuk Crime Center dan menyebar kesetiap wilayah yang dianggap rawan untuk menjadi corong penyelundupan narkoba.

”Saya sudah membangun Crime Center, saya sudah buat piket, namanya piket Razia, dan mereka tersebar dan terbukti selama dua minggu sudah ada 7 Kilogram yang diamankan,” tandasnya. (*)


div>