KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

718 Maba Ekonomi UMI Tatap Muka dengan Dirbinmas Polda

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 08 Agustus 2017 11:54
718 Maba Ekonomi UMI Tatap Muka dengan Dirbinmas Polda

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA menyerahkan cinderamata kepada Dirbinmas Polda Sulsel Kombespol Markilat Heru Prasetyo. foto: atho tola/rakyatsulsel.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sulsel, Kombespol Markilat Heru Prasetyo, mengingatkan kepada seluruh Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar untuk menanamkan rasa Pancasilais, serta cerdas mengelola, dan menyikapi penggunaan media sosial.

Hal tersebut diutarakan Markilat, saat memberikan materi di hadapan ratusan mahasiswa baru UMI di Aula Pesantren Darul Mukhlisin, Padanglampe, Pangkep, Selasa (8/8).

Terkait faham cinta Pancasila, Markilat mengingatkan, kepada mahasiswa agar tetap memegang teguh lima dasar Indonesia tersebut. “Ingat bahwa pancasila adalah kesepakatan orang orang terdahulu kita, yang harus dihormati, dan tidak dapat diganggu gugat,” terang Markilat.

Dengan Pancasila ini, peserta didik, diyakini akan menjadi manusia berimaan dan bertaqwa, berakhlak mulia, demokratis dan bertanggung jawab. “Saya rasa itu yang penting untuk kita tanamkan dalam pekan pesantren ini,” tambahnya.

Selain Pancasila, Markilat juga mengingatkan kepada mahasiswa baru UMI, untuk cerdas dalam bermedsos, hati hati dengan pemberitaan bohong atau hoax, jauhi faham intoleran, atau radikalisme, termasuk cybercrime.

“Mahasiswa tdk ada yg tidak punya medsos, jadi qta harap mereka bisa cerdas dalam hal mengelola dunia cyber, jangan sampai bersentuhan dengan hukum,” harapnya.

Mahasiswa sendiri diharap untuk tetap kritis, namun cara menyampaikan aspurasinya tetap dengan cara etis, santun, bukan justru sebaliknya. “Karena jangan sampai apa yang kita sampaikan justru berdampak buruk baik dari diri sendiri, maupun nama baik kampus,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

UMI Makassar sendiri menyambut 4.000 lebih maba tahun akademik 2017/2018 dengan pekan pesantren. Kegiatan pembekalan ini sendiri berlangsung di Pesantren Darul Mukhlishin UMI Padanglampe, Pangkep, sejak Minggu (6/8) hingga Kamis (17/8).

Kegiatan ini dibuka secara resmi Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA yang dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf UMI HM Mokhtar Noerjaya, serta para Wakil Rektor UMI, dan civitas akademika UMI lainnya. (***)

 


div>