SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

75 Persen Kelulusan Ditentukan Pihak Sekolah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 04 Maret 2017 14:57
75 Persen Kelulusan Ditentukan Pihak Sekolah

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), hampir seluruh unit pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Makassar sibuk menggelar berbagai simulasi atau latihan menyelesaikan soal ujian dengan menggunakan komputer.

Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Mei mendatang. Hasil UNBK disebutkan bukan satu-satunya penentu kelulusan bagi siswa peserta ujian nasional. Hasil penilaian UNBK tidak menjamin kelulusan bagi peserta ujian nanti.

“Nilai UNBK itu tidak menentukan kelulusan siswa, sebab hasil ujian itu bukan satu-satunya penentu. Itu dikembalikan kepada masing-masing pihak sekolah,” ujar Ahmad Hidayat, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Makassar diberitakan Rakyat Sulsel, Sabtu (4/3).

Ahmad menjelaskan, tingkat kelulusan siswa terletak pada hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Mengenai soal ujian USBN yang bermuatan mata pelajaran PPKN dan IPS ini dibuat langsung oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jadwalnya akan diselenggarakan setelah UNBK berlangsung nanti.

“USBN ini sekolah yang menilai. Persentase nilai kelulusan USBN ini 75 persen dari sekolah, selebihnya 25 persen dari UNBK. Materi soalnya itu merupakan hasil MGMP pusat,” jelasnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Hasbi menyampaikan, jelang pelaksanaan UNBK tingkat SMP, 2 Mei mendatang, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan PLN dan Telkom untuk mengantisipasi kendala dan ketersediaan koneksitas jaringan hingga jaminan pasokan listrik selama ujian berlangsung.

“Demi lancarnya pelaksanaan UNBK tahun ini, maka kita akan memanfaatkan sarana SMA dan SMK yang telah memiiki ruang lab komputer,” ujarnya. (***)


div>