KAMIS , 22 FEBRUARI 2018

791 Ekor Sapi Peserta Asuransi

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 08 Juni 2017 17:30
791 Ekor Sapi Peserta Asuransi

Ilustrasi.

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Keinginan masyarakat untuk mendaftarkan sapi milikinya sebagai peserta asuransi, terus mendapat sambutan positif. Data terbaru Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bulukumba, sudah 791 ekor sapi yang terdaftar peserta asuransi ternak.

Kepala Seksi Promosi, Pemasaran, Penglohan Hasil dan Pelayanan Usaha Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bulukumba, Muhammad Sajidin, mengungkapkan, 791 ekor sapi peserta asuransi paling banyak di Kecamatan Kajang yang mencapai 309 ekor sapi.

Adapun perinciannya di Kecamatan Gantaran tercatat 139 ekor sapi yang terdaftar sebagai peserta asuransi, Bontotiro 56 ekor sapi, Ujungloe 25 ekor sapi, dan di Kecamatan Bontobahari baru 2 ekor sapi yang tercatat peserta asuransi. Sementara, di Kecamatan Ujungbulu peternak sapi yang mendaftarkan sapinya. Jumlah tersebut sudah mendekat angka yang ditargetkan 1.000 ekor sapi.

Menurut Sajidin, premi yang harus dibayar untuk asuransi ternak sebesar Rp200 ribu per ekor. Sementara, subsidi yang akan disiapkan pemerintah sebesar Rp160 ribu per ekor. Jadi, peternak hanya membayar Rp40 ribu per ekor per tahun. Pemerintah menggandeng PT Jasindo, sebagai rekanan asuransi.

Dinas Kesehatan Peternakan dan Kesehatan Bulukumba, terus melakukan sosialisasi kepada para peternak. Sajidin menambahkan, sosialisasi terus dilakukan bertujuan mengajak peternak sapi untuk ikut asuransui ternak karena manfaatnya sangat besar. (***)


div>