JUMAT , 14 DESEMBER 2018

9693 Warga Pulau Pangkep Belum Punya e-KTP

Reporter:

Editor:

dedi

Rabu , 08 Maret 2017 20:32
9693 Warga Pulau Pangkep Belum Punya e-KTP

ILUSTRASI

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 9693 warga di kabupaten Pangkep, belum memiliki e-KTP, jumlah tersebut seluruhnya merupakan warga kepulauan, yang tersebar di empat kecamatan yaitu Kecamatan Liukang Tangayya, Kecamatan Kalukuang Massalima (Kalmas), Kecamatan Tupabbirng Utara dan Kecamatan Tupabbirin.

Jumlah tersebut dihimpun oleh Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangkep, dengan jumlah warga di 4 kecamatan kepulauan tersebut berjumlah 66.378 warga.

Sekretaris Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangkep, Ahmad Dian yang ditemui di kantornya, kamis (08/03) menuturkan, bahwa banyak kendala yang mengakibatkan para penduduk yang berada di daerah kepulauan belum memiliki e-KTP.

Selain kendala blangko, kata dia, yang masih kosong, kondisi geografis dan jarak yang harus ditempuh menuju kantor Disdukcapil membuat warga dan pihak Disdukcapil sendiri kesulitan untuk melalukan perekaman e-KTP tersebut.

Dian menambahkan, bahwa kendala lain yang dihadapi oleh pihak Disdukcapil saat melakukan perekaman terhadap warga kepulauan adalah masih banyak masyarakat kepulauan yang tak berada di rumah atau di kampungnya saat perekaman berlangsung, termasuk kendala cuaca bagi pihak Dispukcapil bila akan berangkat menuju pulau untuk melakukan perekaman.

“Rata-rata warga pulau bekerja sebagai nelayan. Saat kita melalukan perekaman, banyak diantara warga masyarakat sedang melaut. Itu salah satu kendala juga sehingga banyak warga pulau yang belum ber e-KTP,” jelasnya.

Pihak Diapukcapil pun dalam tahun ini akan kembali mendatangi pulau-pulau untuk melakukan perekaman terhadap warga kepulauan, jika cuaca sudah mulai bersahabat.

“Kita tunggu cuaca membaik dulu. Mungkin sekitar bulan lima kita akan keliling ke pulau-pulau untuk perekaman. Kita sudah berkordinasi dengan pihak kecamatan dan para kepala desa yang ada di pulau”, tambahnya.


div>