KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

AAI Bantu Korban Gempa di Asrama Haji

Reporter:

Editor:

Iskanto

Kamis , 18 Oktober 2018 14:11
AAI Bantu Korban Gempa di Asrama Haji

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sebagai wujud kepedulian terhadap pengungsi korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah yang saat ini di tempatkan di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Advokat Indonesia (DPP AAI) Muhammad Ismak yang didampingi pengurus lainnya, menyempatkan untuk menyambangi para pengungsi korban gempa Sulteng. Yang ditampung di Asrama Haji Sudiang, sambil menunggu perbaikan rumah mereka di Sulawesi tengah.

Muhammad Ismak beserta beberapa pengurus DPP berkesempatan memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 15 juta. Pada kesempatan itu juga DPP AAI melihat kondisi pengungsi selama di penampungan.

Didampingi Ketua DPC AAI Makassar Hasman Usman SH MH, Muhammad Ismak mengatakan, penanganan pengungsi korban gempa dan tsunami Sulteng yang ada di Asrama Haji Sudiang oleh pemerintah Provinsi Sulsel dalam hal ini Dinas Sosial Provinsi Sulsel cukup bagus dan terkoordinasi dengan baik.

Apalagi melibatkan banyak pihak terkait, seperti TNI Angkatan Laut, Udara dan TNI Angkatan Darat, juga dibantu banyak personil dari kepolisian. Khususnya polisi wanita (Polwan) yang banyak mendampingi para pengungsi di gedung tempat penampungan.

Selain itu, kesiapsiagaan juga diperlihatkan oleh para relawan dari berbagai pihak. Antara lain Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Badan Penanggulangan Bencana, PMI, Pekerja Sosial dan relawan dari Pramuka, Palang Merah Remaja serta siswa siswi SMA dan SMP yang ikut membantu selama penanganan pengungsi di Asrama Haji.

Menurut Ismak, apa yang diberikan oleh Asosiasi Advokat Indonesia itu merupakan bentuk partisipasi organisasi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan kepada korban gempa.

“Ini merupakan bagian dari wujud kepedulian AAI untuk meringankan beban masyarakat Sulteng yang tertimpa bencana berupa gempa bumi, Tsunami dan Tanah longsor, yang menelan banyak korban. Semoga bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” kata Ismak yang didampingi para pengurus AAI.

Sementara itu, Ketua DPC AAI Makassar, Hasman Usman mengatakan, bentuk sumbangan yang diberikan oleh AAI Makassar berupa makanan dalam bentuk mie instan yang diserahkan 2 hari sesudah gempa bumi yang disalurkan langsung melalui BASARNAS.

Kedatangan Muhammad Ismak SH, MH beserta Ketua DPC AAI Makassar Hasman Usman SH, MH disambut oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Sulsel, Fadli Lesmana SH dan juga Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial, A.Rahman Saleh, yang diterima di Posko Pelayanan pengungsi di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Salah seorang pengurus DPP AAI juga menyaksikan dari dekat kegiatan para relawan TAGANA di bagian dapur umum untuk menyiapkan makan siang pengungsi korban gempa bumi Sulteng. (*)


div>