RABU , 22 AGUSTUS 2018

Abraham Samad Jadi Pemateri di FDI IMMIM

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 24 Maret 2018 14:28
Abraham Samad Jadi Pemateri di FDI IMMIM

Dewan Pengurus Pusat (DPP) IMMIM kembali menyelenggarakan Forum Diskusi IMMIM (FDI) di Gedung Islamic Centre IMMIM jalan Jendral Sudirman, Sabtu (24/3). Foto: Irsal/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dewan Pengurus Pusat (DPP) IMMIM kembali menyelenggarakan Forum Diskusi IMMIM (FDI) di Gedung Islamic Centre IMMIM jalan Jendral Sudirman, Sabtu (24/3).

Diskusi yang mengusung tema “Mengapa Pemimpin Cenderung Korupsi?” tersebut menghadirkan sejumlah tokoh nasional seperti Mantan Ketua KPK, Abraham Samad, Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (PUKAT) Fakuktas Hukum Universitas Gadjah Madah (FH UGM) Dr Zainal Arifin Mokhtar, Prof Dr Mansyur Ramly dan Prof Arifudddin Ahmad serta dipandu oleh Prof Hamdan Juhannis.

Diskusi ini mengkaji fenomena mencuak dalam pemegang kekuasaan yaitu fenomena pemerintahan yang korupsi dan ditinjau dari berbagai perspeltif sesuai dengan bidang pemateri.

Dalan kesempatan itu, Abraham Samad menilai bahwa korupsi seringkali dilakukan oleh orang yang berpendidikan tinggi.

“Korupsi tidak mungkin dilakukan oleh orang bodoh, melainkan cenderung dilakukan oleh orang pintar dan berpendidikan tinggi,” beber Abraham Samad.

Maka dari itu, pokok persoalan dalam prilaku korupsi adalah tidak terbangunnya sistem yang mengarah pada pencegahan korupsi, sistem yang ada saat ini masih raqan untuk melakukan tindakan korupsi. “sistem juga penyebab korupsi,” tegasnya.

Menurutnya, ada tiga fase untuk melakukan pencegahan korupsi yaitu, penindakan represif, fase pencegahan atau perbaikan sistem dan fase pendidikan integritas. (*)


Tag
  • FDI IMMIM
  •  
    div>