RABU , 14 NOVEMBER 2018

Accera Kalompoang, Adnan: Pihaknya Mau Satukan Pemahaman, A. Kumala: Kami Mau Rapat Sebentar Malam

Reporter:

Editor:

Arif Saeni

Selasa , 14 Agustus 2018 13:54
Accera Kalompoang, Adnan: Pihaknya Mau Satukan Pemahaman, A. Kumala: Kami Mau Rapat Sebentar Malam

int

GOWA, RAKYATSULSEL. COM—– Terkait pertemuan antara keluarga kerjaan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa yang dilakukan pada Senin (13/8) kemarin, Bupati Adnan mengatakan belum ada kesepakatan apapun.
Namun, pihaknya bersama keluarga kerajaan Gowa masih dalam tahap pembicaraan awal untuk menyatukan pemahaman, berkaitan dengan kebudayaan yang ada di  Kabupaten Gowa.
“Kemudian, kita juga mengambil beberapa opsi didalam rangka untuk bisa menyelenggarakan kembali pencucian benda-benda pudaka atau Accerakarompoang di Kabupaten Gowa,” Ujarnya usai menghadiri peringatan hari Pramuka di Bumi Caddika Limbung.
Sementara itu,  Putra Mahkota Kerajaan Gowa A.  Kumala A.  Idjo,  mengatakan,  pihaknya merencanakan untuk melakukan pertemuan sebentar malam. Dia berharap,  kegiatan Accera Kalompoang bisa dilaksanakan antara pihak keluarga Kerajaan Gowa bersama Pemkab Gowa.
Di sisi yang lain,  lanjut Adnan,  hasil pertemuan tersebut, bersama keluarga kerajaan bersepakat untuk tetap dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Gowa bersama dengan seluruh pihak yang ada, termasuk keluarga-keluarga kerajaan yang ada.
“Memangkan setiap tahun di APBD-kan, Accera Kalompoang itu dialokasikan dalam APBD Kabupaten Gowa, sehingga pelaksanaannya tetap oleh Pemda Gowa, bersama-sama dengan keluarga yang ada,” tambahnya.
Tak hanya itu, Acara Accera Kalompoang bertepatan pada Idul Adha. Sehingga, jika Idul Adha jatuh pada tanggal 22, maka tanggal itu juga akan dilakuakan pencucian benda-benda pusaka.
Bupati Adnan masih menunggu kabar dalam 1 atau 2 hari lagi, semoga semuanya lancar, dan kemarin kami telah bersepakat, yang jelas kami akan rekonsiliasi.
Dan Bupati Adnan berharap ini menjadi sebuah momentum, untuk memupuk kebersamaan, dan bisa membangun Kabupaten Gowa secara bersama-sama. (***)

Tag
div>