KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Ada Awal, Ada Akhir…

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 14 Agustus 2017 12:24
Ada Awal, Ada Akhir…

int

Setiap ada awal pasti ada akhir. Seperti halnya jabatan, ada amanah harus dipikul dan akan datang masa untuk meletakkannya. Tidak peduli seberapa sangat dicintai atau diinginkannya sang pemangku jabatan. Itu adalah sunnatullah. Tetapi, bahwa menjaga integritas, idealisme dan loyalitas selama memangku jabatan, itu adalah menjadi sesuatu yang harus dan mutlak. Godaan untuk melacurkan idealisme, memperjualbelikan integritas, dan menjadikan loyalitas sebagai sekedar pemanis bibir, selalu datang pada setiap pemimpin atau pejabat. Dan semakin tinggi suatu jabatan, selain tantangannya makin tinggi, godaannyapun semakin besar.

Mendapat amanah kepemimpinan bagi kita orang Makassar, ibarat memelihara pohon. Pohon itu harus dipelihara, dipupuk, disehatkan agar dapat berbunga, berbuah dan tidak ditumbuhi benalu. Sehingga, saat pohon ini harus dipindahtangankan atau berpindah tangan kepada yang diberikan amanah berikutnya, pohon ini tidak dalam keadaan kerdil, rusak, apalagi sampai kehilangan kemampuan bertumbuhnya. Itulah seharusnya makna amanah bagi siapapun yang diberikan kepercayaan mengelola jabatan. Itulah mengapa saya dan kita semua menganggap, sangat penting menjaga idealisme, integritas dan profesionalisme dalam memangku dan mengelola setiap amanah jabatan, dan kepemimpinan yang diberikan. Baik oleh pemerintah, partai, maupun masyarakat. Karena hanya dengan cara itu, kita bisa menjaga prestasi-prestasi yang baik, karya-karya yang baik, manfaat yang baik dari suatu proses pengelolaan dapat berkelanjutan dari generasi ke generasi.

Celakalah bagi seorang pemimpin yang menyerahkan jabatan dan kepemimpinannya kepada penggantinya, dalam keadaan organisasi itu tercederai citranya. Rasanya, dengan segala kekurangan dan kelebihan, kita coba buktikan bersama ini semua di Sulsel. Kita mau jadikan orang bangga, kagum, suka dengan cara pandang dan pegangan hidup sebagai orang Bugis – Makassar yang hebat itu. Dan itu pasti ada di kita semua. (*)


Tag
  • syl way
  •  
    div>