SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Ada Helikopter di Lokasi Sidang Ahok, Ini Penjelasannya

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 09 Mei 2017 11:44
Ada Helikopter di Lokasi Sidang Ahok, Ini Penjelasannya

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM -Pemandangan berbeda ada di Kementerian Pertanian, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sejumlah kendaraan besar seperti baracuda, water canon, kendaraan taktik hingga helikopter terpantau di sana.

Semuanya disiagakan untuk mengawal jalannya sidang penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Hal ini sengaja dilakukan mengingat estimasi massa yang hadir dan sidang yang beragendakan pembacaan putusan.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Purwanta mengatakan, apa yang ada di Kementan itu adalah standar operasional prosedur kepolisian. “SOP mesti disiapkan kalau terjadi chaos. Yang pertama jika terjadi chaos yang sangat besar. Maka target sekarang yang di sidang tidak boleh ada gangguan secara psikis maupun ini. Nah itu kalau terjadi apa-apa ya untuk escape,” papar dia di lokasi sidang, Selasa (9/5).

Sementara untuk helikopter kata dia bisa digunakan untuk siapapun yang memang membutuhkannya bila dalam keadaan darurat. Bisa untuk majelis hakim yang memimpin sidang, bahkan untuk awak media yang mengalami keadaan darurat.

“Kedua apabila hakim di tengah jalan sakit jantung atau apa, kan butuh escape lebih cepat ke rumah sakit. Misalnya mohon maaf wartawan terjadi apa-apa, kita gak tau kan nah itu untuk antisipasi kan gitu,” tuturnya.

Helikopter yang disediakan untuk escape itu hanya satu unit sata disiagakan di lapangan yang ada di dalam komplek Kementan. Kata Purwanta helikopter itu dari Polda Metro Jaya yang melakukan koordinasi pula dengan pihak hanggar Pondok Cabe.

“Sama dengan ambulance di sini kan ada tiga tuh. Itukan bisa untuk wartawan untuk kita oke. SOP-nya begitu, itu tergantung penggunaannya saja,” terangnya.


div>