RABU , 14 NOVEMBER 2018

Ada Pocong di Peringatan 1 Muharram SMA 13 Pangkep

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Selasa , 11 September 2018 13:20
Ada Pocong di Peringatan 1 Muharram SMA 13 Pangkep

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Bachtiar, didampingi Pembina Rohani Islam (Rohis) SMA 13 Pangkep Ismayanti, saat melepas Karnaval Gema Muharram, selasa (11/09).

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Peringatan tahun baru islam, 1440 Hijriah yang jatuh selasa (11/09) diperingati ratusan pelajar SMA 13 Andalan, Kabupaten Pangkep, dengan cara berbeda.

Sekolah yang terletak di Kecamatan Labakkang, tersebut berkarnaval keliling kampung sejauh empat kilometer. Tidak hanya itu mereka juga berpakaian unik, seperti pakaian adat, atlit sea games, hingga pocong dan malaikat pencabut nyawa.

Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan Bachtiar, yang mewakili Kepala UPT SMA 13 Pangkep mengatakan, kegiatan yang mengangkat tema gema muharram tersebut, sengaja dihelat berbeda. Hal itu untuk menggali imajinasi siswa, sekaligus memotivasi siswa untuk berbuat lebih positif.

“Kita punya cara berbeda dalam melaksanakan 1 muharram, namun tujuan kita tidak lain adalah persatuan, dan yang terpenting hijrah kita sebagai umat muslim,” ujar Bachtiar usai melepas rombongan karnaval.

Terpisah Pembina Rohani Islam (Rohis) SMA 13 Pangkep Ismayanti mengaku jika tujuan gema muharram ini lebih kepada perubahan sikap, siswa sendiri diharap mampu merubah perilakunya mengarah ke kebaikan.

“Karnaval ini lebih pada kebersamaan, dan yang terpenting dari kegiatan gema muharram ini adalah Hijrah, kita buang jauh jauh keburukan,”singkat Ismayanti.

Siswa sendiri mengaku senang dengan kegiatan yang digelar, dia berharap kegiatan serupa tetap dilaksanakana di tahun mendatang

“Senang bisa ikut memeriahkan tahun baru islam di sekolah, semoga tahun ini bisa lebih baik, dan kembali dipertemukan dengan satu muharram tahun depan,” terang Sintia gunawan, siswi kelas 12 IPA, Al Biruni

Gema Muharram di SMA 13 Andalan ini merupakan kali ke tiga pelaksanaan. Selain karnaval, kegiatan Gema muharram ini juga diisi dengan aneka lomba , diantaranya lomba menyusun ayat alquran, serta lomba literasi alquran. (*)


div>