SELASA , 16 OKTOBER 2018

Ada Tiga Alasan Kejaksaan Agung Tidak Tahan Ahok

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 01 Desember 2016 16:00
Ada Tiga Alasan Kejaksaan Agung Tidak Tahan Ahok

Kapuspenkum Kejagung, M Rum.

JAKARTA – Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lolos dari penahanan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, M Rum, menjelaskan, tiga alasan mengapa pihaknya tidak melakukan penahanan terhadap Ahok.

Pertama, penyidik sudah melakukan pencegahan terhadap tersangka. Selanjutnya sesuai dengan standar operasional prosedur di Kejagung, apabila penyidik kepolisian tidak melakukan penahanan, maka pihak Kejagung juga tidak melakukan penahanan.

“Selanjutnya, yang bersangkutan kooperatif setiap pemanggilan,” ujar Rum saat konferensi pers di depan Gedung Jampidum, Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Kamis (1/12).

Selanjutnya, Kejagung akan menyusun dakwaan alternatif terhadap Ahok. Pertama, dugaan pelanggaran pasal 156a dengan ancaman pidana penjara maksimal empat tahun, atau pasal 156 dengan ancaman pidana penjara lima tahun.

“Karena disusun alternatif, kita belum tahu yang terbukti yang mana, pasal 156a atau sebaliknya,” ungkap Rum.

Rum mengatakan, kasus dugaan penistaan agama bakal segera dilimpahkan ke pengadilan. Namun ia tidak memastikan berapa waktu yang dibutuhkan untuk melimpahkan berkas kasus tersebut ke pengadilan.

“Segera. Bisa besok, bisa nanti, bisa seminggu,” tutupnya.

Sebelumnya, Rum juga mengklaim pihaknya mendengarkan respons masyarakat terhadap kasus Ahok. Hal itulah yang membuat proses hukum atas Ahok akan dipercepat. (rmol)


div>