KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Adil vs Dzalim

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 21 April 2016 09:43
Adil vs Dzalim

int

KETIKA seorang diamanahkan menjadi pemimpin disuatu daerah, maka yang terpenting adalah menumbuhkan rasa adil dikalangan masyarakat yang dipimpinnya.

Untuk menjadi pemimpin yang utuh, faham akan roda kepemimpinan, full power dalam memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Dimana budaya pemerintahan yang otoriter akan melahirkan kedzaliman. Rakyat akan tertindas, merasakan penderitaan dan keadilan akan sirna. Jika itu terjadi, maka seluruh dunia pasti akan melaknat pemimpin yang dzalim ke rakyatnya.

Penegakan hak asasi manusia bagi rakyat yang tertindas dan terdzalimi adalah kewajiban mutlak yang tidak dapat ditunda sedikitpun.

Pemimpin harus memiliki nurani pengabdian yang tulus dalam membentuk karakter keadilan kepada seluruh masyarakatnya, mengedukasi serta memberikan pemahaman ke masyarakat akan pentingnya melahirkan pemimpin-pemimpin yang adil melalui edukasi mental spritual mulai dari tingkat dasar.

Adil bukan berarti harus sama rata atau setara, tetapi bagaimana menempatkan sesuatu pada tempatnya, itulah definisi adil yang sesungguhnya. Begitupula sebaliknya, kalau kita menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya, maka bisa dikategorikan sebagai dzalim.

[NEXT-RASUL]

Dalam ajaran Islam, ada tujuh golongan yang dinaungi oleh Allah pada hari kiamat, yang dimana tidak ada naungan selain naungan Allah SWT. Salah satunya adalah Imamum Adil atau pemimpin yang adil ke rakyatnya.

Yakinlah, bahwa rakyat yang telah merasakan keadilan dari pemimpinnya akan senantiasa didoakan untuk kesuksesan dan kesejahteraannya. Kedzaliman terjadi masih terjadi dimana-mana, adalah wujud dari lemahnya mental spiritual sang pemimpin.

Pemimpin adalah pelayan. Tagline ini banyak kita lihat dan dengar dari beberapa kandidat yang maju pada pemilihan kepala daerah. Kita berharap tagline ini Tidak sekadar simbol belaka yang hanya untuk menarik perhatian calon voters. Tapi setelah terpilih nanti diharapkan dapat terimplementasi secara adil dan merata, sehingga masyarakat tidak terdzalimi akan janji dari kandidat yang terpilih.

Kedepan kita berharap akan muncul generasi pemimpin yang faham akan makna keadilan dan jauh dari sumber kedzaliman. Kalau seperti ini yang terjadi, maka yakinlah Allah SWT akan membukakan berkahNya dari langit.  Amin. (*)


div>