RABU , 19 DESEMBER 2018

Agus Belum “Wassalam”

Reporter:

rakyat-admin

Editor:

Senin , 14 Agustus 2017 12:06
Agus Belum “Wassalam”

int

PENULIS :
EDITOR :

MAKASSAR, RAKSUL – Agus Arifin Nu’mang sesumbar maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018. Wakil Gubernur Sulsel ini yakin bisa memenuhi syarat koalisi partai politik.

Sejauh ini tiket rekomendasi usungan PKB telah di tangan Agus. Bahkan, dirinya merupakan figur pertama menggenggam rekomendasi partai, bulan Juni lalu. Namun SK rekomendasi itu, bukan dari DPP PKB. Melainkan rekomendasi yang hanya diteken sang Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad.

Terlepas dari itu, Agus sudah punya modal 3 kursi parpol di legislatif untuk mewujudkan agenda politiknya menjadi orang nomor satu di Sulsel. Tapi jumlah tersebut, masih terbilang masih jauh, dari syarat yang ditetapkan KPU sebanyak 17 kursi untuk mencalonkan diri maju sebagai pasangan gubernur dan wakil gubernur Sulsel.

Praktis, Agus masih butuh 14 kursi. Mantan Ketua DPRD Sulsel ini, masih harus kerja keras menggenapkan syarat dukungan parpol. Gerindra, PKS dan Demokrat menjadi partai incaran berikutnya. Namun lagi-lagi, Agus keteteran berburu parpol. Bahkan, parpol tempatnya bernaung, Gerindra, juga belum memberi sinyal.

Tak hanya itu, mantan politisi Golkar tersebut, juga belum berani menetapkan siapa pendampingnya kelak. Meskipun, Agus gencar digosipkan bakal berpasangan dengan dua legislator Senayan, yakni Aliyah Mustika Ilham dan Luthfi A Mutty.

Bagi Wakil Ketua DPW PKB Sulsel, Irwan Hamid, sikap politik partainya hingga kini belum berubah. PKB masih komitmen mengusung Agus, yang tak lain merupakan representasi warga NU. “Dan kami PKB tetap optimis, Pak Agus punya kendaraan partai politik untuk maju sebagai calon Gubernur SulSel di Pilgub 2018 nantinya,” tegas Irwan.

Saat penyerahan rekomendasi tersebut oleh Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad kata Irwan, meski bukan dari DPP, namun ia meyakinkan, tiket PKB akan tetap diprioritaskan untuk Agus.

Mengenai dukungan, Agus Arifin Nu’mang mengungkapkan selama dua periode kepemimpinannya bersama Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, PDI Perjuangan merupakan salah satu partai yang selama ini selalu memberikan dukungan.

“PDI Perjuangan selama dua periode telah memberikan dukungannya, dan saya rasa mereka tahu yang terbaik,” terangnya.

Sama halnya dengan Gerindra, Agus diketahui merupakan salah satu kader dari partai berlambang Garuda tersebut, dan digadang-gadang akan mendapat dukungan langsung dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo untuk maju .

“Gerindra, Insya Allah karena inikan berbeda. Kalau pilgub itu langsung dari pusat untuk mendapat dukungan,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Pakar Politik Unhas Makassar, Adi Suryadi Culla menilai Agus Arifin Nu’mang sudah lebih maju dan siap bertarung pada Pilgub Sulsel 2018. Hal tersebut, lanjut dia karena Agus sudah memiliki modal dasar yaitu PKB. Dengan demikian hal itu bisa meyakinkan parpol lain untuk dijadikan kendaraan.

“Pak Agus sebenarnya lebih maju karena sudah ada PKB meskipun itu kecil. Tapi di level lobi-lobi politik sangat kuat,” ujarnya melalui sambungan seluler, Minggu (13/8) malam.

Akademisi Unhas ini berpendapat, figur lain tak boleh meremehkan pergerakan Agus. Dengan pengalaman bupati dua periode serta Ketua DPRD juga Wakil Gubernur merupakan pengalaman yang matang sehingga bisa dilirik parpol lain.

Tak hanya itu, lanjut Adi, jika Agus menggandeng Aliyah sebagai pendampingnya, besar kemungkinan akan mengendarai partai Gerindra dan Demokrat di Pilgub mendatang.

“Hal itu bisa terjadi jika Agus-Aliyah berpaket, tentu Partai Demokrat dan Gerindra bisa berkoalisi untuk usungan. Ditambah PKB dan PKS, saya pikir ini sangat memungkinkan,” tuturnya.

Seperti diketahui, Demokrat memiliki 11 kursi di DPRD Sulsel, Gerindra 12 kursi, PKS 7 kursi dan PKB 3 kursi. Secara estimasi akan mencapai 29 kursi dan melebihi syarat usungan yang hanya 17 kursi.

Oleh sebab itu, Adi mengingatkan kepada figur lain untuk berhati-hati. Sebab Agus bisa memberikan kejutan bagi figur lain. “Kandidat lain jangan heran jika suatu saat pak Agus buat kejutan dengan kendaraan dari gabungan beberapa partai ini,” pungkas Ketua Dewan pendidikan Sulsel ini.

Sementara itu, Direktur Riset Celebes Research Centre (CRC), Andi Wahyuddin menilai jika Agus memiliki peluang jika menggandeng Aliyah di Pilgub. Menurutnya, pilihan masyarakat yang menilai jika pasangan ini akan menjadi rebutan dan bahkan berpeluang melampaui kandidat lain. “Agus punya peluang besar. Apalagi jika menggandeng ibu Aliyah,” singkatnya.

Seperti diketahui, sejauh ini Agus sudah mendaftar di beberapa partai antara lain, seperti PDIP, PKPI, Demokrat, Gerindra, Hanura, PBB dan PKB. (D)


div>