SELASA , 17 JULI 2018

AIA Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani di Sulsel

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 12 Juli 2018 23:00
AIA Tingkatkan Produktivitas dan Kesejahteraan Petani di Sulsel

Anggota DPR RI Partai Gerindra asal Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (kedua kanan) didampingi Bupati Wajo H Andi Burhanuddin Unru dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang T Iskandar memberikan pengarahan pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Pakta Integritas Antara PPK dan P3A Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI) Tahun Anggaran 2018 di Kantor Bupati Wajo, Rabu (11/7). foto: ist for rakyat sulsel

Melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) asal Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) terus membuktikan komitmennya dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di Sulsel.

Salah satunya meningkatkan produktivitas dan income (pendapatan) petani. Kali ini dengan adanya realisasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI) Tahun Anggaran 2018.

Andi Iwan sendiri menghadiri langsung Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Pakta Integritas Antara PPK dan P3A Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3 TGAI) Tahun Anggaran 2018 di Kantor Bupati Wajo, Rabu (11/7). Turut hadir Bupati Wajo H Andi Burhanuddin Unru dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang T Iskandar.

Andi Iwan yang diberikan kepercayaan memberikan pengarahan mengatakan, sangat bersyukur dengan pelaksanaan perjanjian kerja sama ini. Apalagi, setelah diperjuangkan di DPR RI.

“Alhamdulillah, kita sangat bersyukur karena perjuangan kami di DPR RI untuk masyarakat di Sulsel ini, sudah dapat direalisasikan. Ini secara khusus diperjuangkan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) saya. Yaitu Dapil Sulsel II, meliputi Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Bone, Soppeng, Wajo, Bulukumba, Selayar, dan Kota Parepare,” jelas politisi Partai Gerindra peraih suara terbanyak Dapil Sulsel II pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu ini.

Andi Iwan mengatakan, Kabupaten Wajo salah satu kabupaten yang mendapatkan program P3 TGAI ini sebanyak 50 titik. Dimana anggarannya sebesar Rp225 juta per paket. Termasuk untuk sejumlah kabupaten lainnya.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi perhubungan, komunikasi, pekerjaan umum dan perumahan rakyat, pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal ini, berharap dengan P3 TGAI ini, khususnya bidang irigasi dapat meningkatkan produktivitas dan income (pendapatan) petani.

“Ini juga sangat berguna karena dapat menyerap tenaga kerja di daerah, mengingat program ini padat karya tunai yang anggaran dan tenaga kerjanya dikelola sendiri kelompok tani yang bersangkutan,” jelasnya.

P3 TGAI sendiri merupakan salah satu kegiatan dari program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dimaksudkan untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi, dan peningkatan jaringan irigasi sesuai kebutuhan dan prinsip kemandirian.

P3 TGAI juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan. Dimana dalam pelaksanaannya kegiatan P3 TGAI didampingi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM). (****)


div>