SENIN , 22 JANUARI 2018

Ajak Dinner Nonparlemen, Garuda’Na Sulit Main Vulgar

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 07 September 2012 13:10

RAKYAT SULSEL. MAKASSAR – Asa pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi (Garuda’Na) untuk menjadi kandidat gubernur dan wakil gubernur Sulsel pada Pemilukada Sulsel 22 Januari 2013 mendatang terus dijaga. Kecemasan akan kurangnya dukungan kursi parlemen, sedikit demi sedikit mulai terjawab. Meski belum mengumumkan parpol pengusungnya secara resmi, Garuda’Na tetap yakin menjadi salah satu kandidat bersama Syahrul-Agus (Sayang) dan Ilham -Aziz (IA).

Pantauan Rakyat Sulsel, malam tadi (6/9), bertempat di RM Dinar, Jl Gunung Latimojong, Garuda’Na melakukan pertemuan tertutup sekaligus dinner (makan malam) bersama petinggi-petinggi partai politik. Pertemuan berdurasi dua jam itu dimulai sekira pukul 19.00 WITA dan berakhir sekira pukul 21.00 WITA. Beberapa ketua-ketua partai politik dan tim sukses Garuda’Na tampak terlihat.

Usai pertemuan, Andi Rudiyanto Asapa langsung bergegas menuju mobilnya, tanpa mengeluarkan sepatah kata pun. Begitu juga beberapa tim sukses Garuda’Na enggan memberikan keterangan terkait hasil pertemuan dengan beberapa pengurus teras partai politik.

Menanggapi kecemasan dukungan kursi Garuda’Na, pengamat politik Unhas Adi Suryadi Culla mengatakan, Garuda’Na bagaimanapun caranya harus mendaftar di KPU. Sebab, publik yang melihat Garuda’Na sebagai sintesa dari pertarungan antara SYL dan IAS.

“Kemungkinan Garuda’Na untuk mendaftar di KPU masih terbuka melihat ada beberapa partai nonparlemen yang belum memberikan dukungan. Apalagi dukungan DPP Gerindra yang kuat, tentu juga memiliki agenda dan bergaining politik yang baik bersama Rudiyanto. Dan itu tampak dalam kehadiran Prabowo saat deklarasi dua bulan yang lalu,” papar Culla kepada Rakyat Sulsel, malam tadi.

Mengenai pergerakan bawah tanah Garuda’Na, dosen sosial politik Unhas ini menilai, ini adalah hal yang lumrah, sebab akan sulit bagi Garuda’Na untuk bermain vulgar, sebab partai-partai sudah membagi diri dalam SYL dan IA. “Partai sudah terbagi habis, Garuda’Na tidak mungkin main terbuka dalam melobi, karena itu akan menciptakan risiko politik dan akan terlihat tidak etis,” urainya.

Tambah Culla, partai-partai kecil akan menunggu momen dan juga akan ditunggu oleh Garuda’Na. Apalagi jika DPP partai nonparlemen  membatalkan dukungan ke IA atau SYL dan memberi dukungan ke Garuda’Na. “Itu bisa saja terjadi mengingat tidak ada aturan yang jelas, jika ada partai yang membatalkan dukungan dan beralih ke kandidat yang lain. Dalam politik hal yang biasa jika terjadi manuver politik,” tuntasnya.

 

Malam Ini IA Deklarasi

 

Berbeda dengan Garuda’Na yang masih sibuk mencari parpol pengusung meski sudah melakukan deklarasi, justru pasangan IA sebaliknya. Pasangan nasionalis-religius ini paling banyak mendapat dukungan partai politik. Hal itu akan dibuktikan, Jumat (7/9) malam ini saat menggelar deklarasi secara besar-besaran.

5 ribu massa yang berasal dari 24 kabupaten/ kota se-Sulsel dijadwalkan hadir. Selain itu, deklarasi Rumah Rakyat ini diklaim akan disaksikan 1,2 juta orang pasang mata di Sulsel. Pasalnya panitia acara telah mengkonsepkan deklarasi akan disiarkan secara langsung oleh tiga stasiun televisi swasta daerah.

Direktur Devisi Komunikasi dan Publikasi IA, Syamsu Rizal mengatakan 1,2 pasang mata akan menyaksikan deklarasi yang berlangsung sederhana dengan konsep panggung rakyat di Lapangan Karebosi.

“Target tersebut dimungkinkan dengan asumsi, siaran live yang bisa ditonton di daerah-daerah yang berlangsung secara serentak dengan acara nonton bareng,” ujarnya saat menggelar jumpa pers di Media Centre IA, Jl Boulevard, Kamis (6/7) sore.

Dalam acara yang bakal dihadiri  pimpinan partai partai pengusung Rumah Rakyat itu akan ada peryataan sikap. “Koalisi Rumah Rakyat akan berikrar menyatakan dukungan dan kesiapannya memenangkan IA di Pemilukada 22 Januari 2013 mendatang,” bebernya.

Juru Bicara IA Selle KS Dalle menambahkan, acara diambil malam hari karena untuk menghindari kemacetan di areal Karebosi.

“Kami mau menghindari kemacetan, jadi dikonsep pada malam hari. Kami tidak ingin meresahkan masyarakat hanya karena deklarasi nanti. Tetapi bagaimana deklarasi ini bisa tepat sasaran dan tidak ada anggapan yang lain dari masyarakat,” kata Selle.

Kesiapan dukungan parpol pengusung IA juga dilakukan di Hotel Sahid Jaya Makassar, kemarin. Salah satu parpol pengusung Rumah Rakyat, Partai Hanura menyerahkan surat rekomendasi mendukung IA.

Surat rekomendasi yang ditandatangani langsung Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto diserahkan perwakilan DPP Hanura, Akbar Faisal yang juga Ketua Bidang Politik dan Pertahanan Daerah DPP Partai Hanura.

“Pak Wiranto tidak ragu dalam memberikan rekomendasi. Visi misi IA sama dengan ideologi partai kami. Apalagi karakter keduanya (Ilham-Aziz) memiliki kepribadian arif, jadi tidak salah kami mendukungnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ilham-Aziz ikut menghadiri penyerahan rekomendasi tersebut. “Kami harap rekomendasi ini semakin menyolidkan kita dalam kerja-kerja politik ke depannya. Saya yakin Hanura bukan hanya sekedar surat rekomendasi, tetapi betul betul akan bekerja semaksimal mungkin untuk kemenangan kita bersama,” terang Ilham.

Sedangkan Aziz yang juga memberikan sambutannya mengatakan saat ini survei IA menunjukkan tren yang positif. Bahkan dalam sambutannya itu, Anggota DPD RI itu menyampaikan jika IA dicurangi, dirinya masih tetap percaya diri memenagkan Pilgub 2013 mendatang. “Meski tren kita semakin hari semakin positif tapi kita tidak boleh diam sampai di situ. Keberadaan Hanura dalam koalisi ini semakin menambah motivasi IA untuk memenangkan pilgub mendatang,” mantap Aziz.

Guna menjaga kelancaran lalulintas selama kegiatan deklarasi, satuan lalu lintas Polrestabes Makassar akan melakukan pengalihan sejumlah jalan di sekitar Karebosi.

Kepala Satuan Lalulintas Polrestabes Makassar, AKBP Lafri Prasetyono, mengatakan akan melakukan penutupan di Jl Kartini hingga kegiatan deklarasi usai. Selain penutupan jalan, pihaknya juga mengaku terpaksa mengalihkan sejumlah jalan di sekitar lokasi Karebosi guna menghindari kemacetan. Sementara itu, untuk proses pengamanan di sekitar lokasi, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal, Polrestabes Makassar, AKBP Himawan Sugeha akan mengoptimalkan kegiatan preventif dalam mengamankan giat deklarasi tersebut. “Kami juga sudah mempersiapkan sejumlah personil kami sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan keamanan,” terang Himawan. (RS8-RS11-RS9/D)


Tag
div>