SELASA , 18 DESEMBER 2018

Akademisi Sebut Bantaeng Gagal Bangun SDM

Reporter:

MA

Editor:

Rabu , 02 Agustus 2017 12:51
Akademisi Sebut Bantaeng Gagal Bangun SDM

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pembangunan fisik dan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Bantaeng tidak berjalan seimbang. Bantaeng yang dikenal selama ini berhasil dalam segi pembangunan ternyata dinilai gagal dalam mengelolah manajemen daerah dari sisi sumber daya manusia.

Hal ini ditegaskan oleh akdemisi UIT Makassar, Dr Irwan Patawari,SHI.,MH saat menjadi pembicara pada dialog publik Ampera Sulsel dengan tema “Menyoal Pembangunan di Kabupaten Bantaeng” di Warkop Bundu, Makassar, pada Rabu (2/8).

“Saya melihat di Bantaeng fokus pada pembangunan saja yang dibangun, sementara pendidijan atau sumber daya manusianya tertinggal,” ungkap Irwan Patawari.

Direktur Indo Wacana ini dipanel dengan Ketua Himpunan Aktivis Mahasiswa (HAM), Dedi Jalarambang dan aktivis Walhi, Muhammad Al Amin.

Dia menjelaskan, majunya pendidikan dan sumber daya manusia adalah kunci dalam penunjangan kemajuan suatu daerah, tidak hanya fokus pada perusahaan internasional. Apalagi selama ini, sejumlah pembangunan perusahaan yang akan di bangun di Bantaeng, masih menjadi wacana isapan jempol semata.

“Kalau ada perusahaan internasiaonal, ok, tapi harus juga minimal ada pendidikan yang bertaraf internasioanl. Jangan cuma lari ke Makassar untuk menempuh pendidikan,” terangnya.

Dia mengatakan, untuk memajukan suatu daerah tidak hanya diukur dari parameter pembangunan saja. Olehnya, dia menyarankan agar Pemda Bantaeng dibawa kepemimpinan Nurdin Abdullah untuk menyeimbangkan pembangunanĀ  fisik dan sumber daya manusia.

“Jadi memang perlu kesimbangan antara sumber daya manusia dan pembangunan. Pendidikan itu lebih banyak dibiayai yang sosial – sosial,” paparnya.


Tag
div>