MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Akademisi Unhas Masuk 8 Capim KPK

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Selasa , 01 September 2015 16:13

RAKYATSULSLE.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan lama-lama mengolah delapan nama calon pimpinan KPK yang lolos seleksi. Besok (Rabu, 2/9), Jokowi akan menyerahkan nama-nama itu ke DPR untuk selanjutnya menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) serta disaring menjadi 4 orang pimpinan KPK terpilih.

“Saya kira itu yang bisa saya sampaikan. Segera dari delapan nama ini, besok akan saya siapkan suratnya untuk segera saya sampaikan ke DPR,” ucap Jokowi dalam pengumumannya di Istana Merdeka, Selasa (1/9).

Kedelapan nama yang lolos itu adalah Saut Situmorang (BIN), Surya Tjandra (pengacara), Alexander Marwata (hakim Tipikor), Brigjen Basaria Panjaitan (Polri), Agus Raharjo (Kepala Lembaga Kebijakan Barang dan Jasa Pemerintah), Sujanarko, Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Sama antar Komisi KPK), Johan Budi SP (Plt Pimpinan KPK), dan Laode M Syarif (akademisi Unhas).

Dalam fit and proper test nanti, DPR sesungguhnya akan memilih 5 nama pimpinan KPK baru. Satu nama sisanya itu akan diambil dari dua calon yang sudah setahun lalu diserahkan pemerintah ke DPR. Salah satu calon itu adalah Busyro Muqoddas. DPR menunda fit and proper test keduanya, agar masa tugas pimpinan KPK periode baru berbarengan.


div>