JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Akbar Faizal: Unhas Produsen Pendekar Hukum

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 27 September 2015 12:24

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dalam seminar Uji Publik RUU Jabatan Hakim di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, politisi Partai NasDem, Akbar Faisal melontarkan pujian. Akbar menyampaikan bahwa Komisi Yudisial tidak salah memilih Unhas sebagai partner, karena Fakultas Hukum Unhas adalah fakultas yang telah melahirkan praktisi hukum tingkat nasional yang hebat.

“Kampus ini melahirkan banyak praktisi hukum berintegritas di Indonesia,” ujar politisi asal Wajo ini, Sabtu (26/9).

Seminar yang merupakan kerjasama Komisi Yudisial Republik Indonesia dengan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin ini dihadiri Ketua Komisi Yudisial (KY) RI Dr. Suparman Marzuki SH MSi, Dekan FH Unhas Prof Dr Farida Patittingi SH MHum, dan Mantan Dirjen Badilag MA Wahyu Widiyana.

Akbar Faizal dalam materinya, menjelaskan lebih jauh bahwa Indepensi adalah marwah hakim. Oleh karena itu, anggota komisi hukum DPR RI mengatakan bahwa setiap hakim yang menangani kasus-kasus tertentu apalagi kasus besar, harus berani mengambil sikap tegas.

“Mengutip kata Mantan Hakim Agung Bismar Siregar bahwa ‘Hakim adalah Perwakilan Tuhan’. Tuhan tidak pernah salah, maka perwakilannya pun harus berusaha untuk tidak salah,” ujar Akbar.

Mengenai RUU Jabatan Hakim merupakan inisiasi DPR pada prolegnas periode ini, Akbar Faizal berharap masukan dari para praktisi dan akademisi untuk penyempurnaan RUU ini.

“Hasil seminar ini akan kami jadikan bahan perdebatan untuk penyempurnaan Undang-Undang tentang jabatan Hakim tersebut,” tutup inisiator hak angket century ini.


div>