SELASA , 16 OKTOBER 2018

Akhirnya, Gaji Honorer Kecamatan Cair

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 10 Maret 2018 13:30
Akhirnya, Gaji Honorer Kecamatan Cair

kantor balaikota (ist)

* BPKA Harap SKPD Aktif Kawal Pengesahan DPA

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah mencairkan gaji tenaga honorer di tingkat kecamatan. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) telah mengesahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) seluruh kecamatan.

Plt BPKAD Kota Makassar, Abdul Rasyid mengaku telah menerbitkan SPD untuk pencairan anggaran di kecamatan sehingga seluruh gaji pegawai honorer ditingkat kecamatan sudah bisa dibayarkan.
“Sudah selesai DPA untuk seluruh kecamatan, bahkan mereka sudah mencairkan uangnya dan itu diperuntukkan membayar tenaga honorer,” kata Abd Rasyid, Jumat (9/3) kemarin.

Meski telah merampungkan DPA 15 kecamatan, Ia mengaku belum mengesahkan seluruh DPA-SKPD. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh Kasubag Keuangan dan Bendahara Pengeluaran SKPD untuk lebih aktif dalam mengawal proses penyelesaian pengesahan DPA.

Menurutnya, ketidakaktifan para Kasubag Keuangan maupun Bendahara Pengeluaran SKPD dalam mengawal DPA, berdampak pada keterlambatan penerbitan Surat Penyediaan Dana (SPD) padahal SPD yang disiapkan, digunakan sebagai dasar pelaksanaan anggaran.

“Ini karena mereka (Kecamatan) aktif mengurus DPAnya. Kalau dia aktif cepat juga cair anggarannya, karena kalau ada yang kurang perlu cepat diatasi,” tegasnya.

Lanjut Abd Rasyid, pengawalan masing-masing SKPD dinilai perlu untuk melihat dan memperbaiki isi DPA yang dinilai masih kurang. Ia menyebut ada beberapa DPA-SKPD yang dikembalikan untuk diperbaiki.

Sementara itu, untuk SKPD yang masih harus memperbaiki DPA, dirinya mengaku tidak memberikan deadline. Namun, Ia berharap agar seluruh Kepala SKPD bisa mengintruksikan bawahannya agar aktif mengurus DPA sehingga anggaran untuk belanja SKPD bisa segera dicairkan, termasuk pencairan gaji ribuan pegawai honorer.

“Insya Allah, saya sudah perintahkan bidang anggaran untuk secepatnya menuntaskan ini. Janji kita bulan Maret mudah-mudahan selesai, karena pencapaian kita sudah lancar di kecamatan,” ujarnya.

Terpisah, Camat Wajo, Anshar mengaku sudah mencairkan anggaran untuk pembayaran gaji honorer, hanya tinggal melengkapi administrasi sebelum dilakukan proses pembayaran. “Sudah kita cairkan, tinggal kita lengkapi administrasinya kemudian kita bayarkan.” ujar Anshar. (*)


div>