SELASA , 18 DESEMBER 2018

Akhirnya, TPP ASN Pemprov Cair

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Rabu , 25 April 2018 14:21
Akhirnya, TPP ASN Pemprov Cair

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Setelah berbulan-bulan menunggu, akhirnya tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di Lingkup Pemprov Sulsel dicairkan. Hanya, TPP atau Tunjangan Kinerja (Tukin) ini belum sepenuhnya dirasakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tercatat, untuk tahap pertama hanya tiga OPD saja yang bisa menikmatinya. Tiga OPD itu diantaranya Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Inspektorat, dan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD). Sesuai janji sebelumnya, TPP akan dirapel sekaligus empat bulan, mulai Januari hingga April.

Kepala BPKD Sulsel, Andi Arwin Azis, membenarkan jika TPP sudah mulai dicairkan.
“Iya betul sudah cair dan seharusnya semua OPD juga sudah cair karena dikerjakan masing-masing instansi,” ujarnya, Selasa (24/4) kemarin.

Menurut Arwin, untuk TPP saat ini, masih disesuaikan dengan kemampuan daerah. Sehingga pembayarannya masih di kisaran 30 persen dari yang seharusnya diberikan, sesuai arahan KPK.

Namun, ada beberapa OPD, berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja yang mendapatkan tambahan TPP.

OPD yang dimaksud adalah Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Tambahan TPP juga berlaku untuk Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala Dinas, Staf Ahli, dan sekretariat mulai Kepala Biro, Eselon III, dan Eselon IV.

Dari hasil hitung-hitungan berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja, untuk Sekretaris Daerah tambahan TPPnya senilai Rp 6 juta, Asisten dan Kepala Dinas Rp 5 juta, Staf Ahli Rp 3 juta, Kepala Biro Rp 2 juta, Eselon III Rp 1,5 juta, dan Eselon IV Rp 1 juta.

Tambahan itu berlaku untuk sekretariat dan biro. Sementara untuk lingkup Inspektorat, Bappeda, BPKD, Bapenda, BKD, dan DPMPTSP, tambahan TPP berdasarkan eselonisasinya. Untuk Eselon II Rp 5 juta, Eselon III Rp 4 juta, dan Eselon IV Rp 3 juta. Sementara pelaksana Golongan IV, III, II, masing-masing Rp 2 juta.

Pencairan TPP juga dibenarkan Kepala BKD Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo. “Iya, BKD sudah cair TPP-nya, ” singkatnya.

Sementara, salah seorang ASN lingkup Pemprov Sulsel yang enggan disebut namanya, mengatakan, seharusnya tidak ada perbedaan pemberian TPP kepada seluruh OPD. Pasalnya, beban kerja yang sangat besar hampir sama dirasakan seluruh ASN.

“Kenapa mesti dibeda-bedakan TPPnya. Sama-sama kerja, beban kerjapun kami cukup berat,” ungkapnya.

Diapun menyayangkan karena pencairan TPP ini tidak serentak dilakukan di seluruh OPD. Padahal, seluruh ASN saat ini persoalannya sama yakni finansial. Karena sejak Januari hingga saat ini, seluruh tunjangan yang seharusnya diterima belum cair. Akibatnya, banyak ASN yang terpaksa mencari pinjaman atau kredit untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Bayangkan kalau selama ini hanya gaji pokok saja yang kami terima,” keluhnya. (*)


div>