RABU , 17 JANUARI 2018

Aksi Nyata ICT Bagikan Puluhan Ribu Bibit di Lima Daerah

Reporter:

Editor:

Muh Sophian AS

Rabu , 22 November 2017 23:00
Aksi Nyata ICT Bagikan Puluhan Ribu Bibit di Lima Daerah

Tim Aksi Nyata Indira Chunda Thita Syahrul membagikan dan menanam berbagai bibit pohon dan buah, dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada tanggal 21 dan 28 November

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Hari Pohon Sedunia dan Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada tanggal 21 dan 28 November, turut diperingati Aksi Nyata Indira Chunda Thita Syahrul (ICT). Puluhan ribu bibit produktif dibagikan kepada warga. Mulai dari mangga, manggis, sukun, durian, rambutan, pala, dan aren.

Di Kabupaten Gowa misalnya, Aksi Nyata membagikan 7.250 bibit. Terdiri dari 2.000 bibit mangga, 600 bibit manggis, 500 bibit sukun, 2.250 bibit durian, 750 bibit rambutan, 1.000 bibit pala, dan 150 bibit pohon aren.

Kota Makassar juga mendapatkan jatah 7.250 bibit. Takalar dan Bantaeng sama-sama mendapatkan 4.750 bibit, sedangkan Jeneponto 5.500 bibit.

Ketua Aksi Nyata, Jumardi, mengatakan, pembagian bibit tanaman produktif tersebut merupakan bagian dari program aspirasi Indira Chunda Thita Syahrul sebagai anggota DPR RI Komisi IV melalui BPDASHL Jeneberang. Bibit akan dibagikan secara bertahap, sesuai kondisi daerah masing-masing. “Daerah yang cocok ditanami durian, kita kasi bibit durian. Yang cocok mangga, kita berikan bibitnya. Semoga bisa dimanfaatkan oleh warga,” harap Jumardi, Rabu (22/11).

Untuk tahap awal, telah dilakukan penanaman 500 bibit pohon durian di tiga dusun di Desa Jonjo, Kabupaten Gowa. Antara lain di Dusun Baliti, Dusun Bukit Parigi, dan Dusun Jonjo.

Anggota Aksi Nyata, Ilyas Nyarrang, selaku penanggungjawab penanaman bibit pohon durian di Desa Jonjo, mengatakan, pihaknya melibatkan pemerintah dan warga Desa Jonjo, serta sejumlah tokoh pemuda pada penanaman pohon tersebut. Dipilihnya tanaman durian untuk dibagikan kepada warga, lanjut Ilyas, karena memiliki banyak manfaat. Selain memiliki buah yang enak, tanamannya bisa sebagai pencegah erosi pada lahan-lahan yang miring. Batangnya juga bermanfaat untuk bahan bangunan/perkakas rumah tangga. “Kayu durian setaraf dengan kayu sengon sebab kayunya cenderung lurus,” bebernya.

Sementara, Kepala Desa Jonjo, Muh Amri Bali, menambahkan, ada sekitar 500 bibit pohon durian yang dibagikan kepada warga di tiga dusun berbeda. Desa Jonjo memang sangat tepat untuk budidaya tanaman durian. “Terima kasih kepada Ibu Thita, karena melalui Aksi Nyata ini menyerahkan bibit durian kepada kami,” ucapnya. (*)


div>