JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Alasan Presiden Jokowi Pilih Gelar Isra Miraj di Ponpes

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 26 April 2017 12:30
Alasan Presiden Jokowi Pilih Gelar Isra Miraj di Ponpes

Presiden Joko Widodo saat menghadiri peringatan Isra Miraj di Kabupaten Purwakarta, Selasa (25/4). (Rmol Jabar/JawaPos Grup)

RAKYATSULSEL.COM – Ada yang berbeda dalam peringatan Isra Miraj yang dilakukan Presiden Joko Widodo tahun ini.

Jika sebelumnya acara digelar di Istana Negara, JOkowi kali ini memilih sebuah pondok pesantren di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Yakni Ponpes Al-Hikamus Salafiyah.

“Biasanya di Istana yang hadir 150-200 orang, semua para menteri, pimpinn negara dan duta besar,” kata Presiden Jokowi di hadapan ulama dan ribuan santri Ponpes, Selasa (25/4)

Presidem menjelaskan, tradisi sejak puluhan tahun peringatan Isra Miraj Presiden biasanya dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan.

Karena merasa kurang dekat dengan masyarakat akhirnya Presiden minta Menteri Agama agar kegiatan tersebut bisa digelar di pondok pesantren.

“Saya bertanya ke pa Menteri Agama, terus saya dapat bertemu masyarakatnya kapan, ulamanya kapan, guru ngajinya kapan, para santrinya kapan?” tanya Presiden Jokowi.

Presiden meminta, kalaupun dilaksanakan di Istana pemerintah akan mengundang ulama dan santri hadir.

“Ya sudah kadang di Istana kadang di pesantren. Kalau di Istana nanti para santri, ulama diundang. Sampen belum masuk istana kan? Belum (jawab santri) Saya tahu,” pungkasnya.

Diketahui dalam kesempatan itu hadir Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin, Mensesneg, Pratikno, Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, dan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.


div>