SELASA , 23 OKTOBER 2018

Alhamdulillah, Ongkos Naik Haji Turun

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Sabtu , 16 April 2016 09:19
Alhamdulillah, Ongkos Naik Haji Turun

int

Ongkos berhaji atau biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun ini dipastikan turun. Sebab, dua maskapai penerbangan haji, Garuda dan Saudi Arabia Airlines (SAA), menawarkan penurunan harga tiket pesawat yang lebih rendah daripada musim haji tahun lalu.

Harga tiket pesawat untuk penerbangan haji untuk Garuda ditawarkan USD 1.945 per jamaah atau sekitar Rp 25,5 juta. Untuk maskapai SAA, harganya USD 1.877 per jamaah (Rp 24,6 juta).

“Saudi Airlines lebih murah karena kebanyakan mengangkut jamaah dari embarkasi wilayah barat Indonesia,” kata Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay di gedung DPR kemarin (15/4).

Saleh menjelaskan, jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga penerbangan yang ditawarkan itu lebih rendah. Dia mengatakan, rata-rata harga penerbangan haji tahun lalu adalah USD 2.146 (jika dikurskan saat ini Rp 28,2 juta).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Abdul Jamil mengatakan, awalnya pihaknya mengundang semua maskapai di Indonesia untuk ikut tender angkutan haji.

Namun, setelah dilakukan penjelasan teknis, lagi-lagi hanya Garuda dan SAA yang menyatakan kesanggupan menyelenggarakan angkutan udara ibadah haji. (wan/c9/agm)


Tag
  • ONH
  •  
    div>