SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Alumni Pertanyakan Rektor UIN Alauddin yang Belum Dilantik

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Selasa , 27 Januari 2015 18:37

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Sejumlah alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mempertanyakan belum dilantiknya Prof H Andi Faisal Bakti sebagai rektor baru UIN Alauddin Makassar.

Salah satu alumni UIN Makassar, Muh Akmal, yang juga merupakan ketua divisi hukum dan advokasi HAM lembaga studi sosial, ekonomi dan pembangunan, mengatakan, pemilihan rektor UIN Makassar masa bakti 2015-2019 telah dilaksanakan pada 7 Agustus 2014 lalu.

“Namun apa yang terjadi, Prof Andi Faisal Bakti yang nota bene merupakan pemilik suara terbanyak kok belum dilantik juga, “ujarnya.

Selain itu, Akmal juga menuding adanya oknum di Kementerian Agama yang sengaja menghambat pelantikan Rektor UIN Alauddin Makassar terpilih tersebut. “Oknum tersebut berpengaruh di lingkungan Kementerian Agama dan memiliki hubungan dekat dengan salah seorang calon rektor yang tidak terpilih, “terangnya.

Ia menjelaskan, alasan tidak dilantiknya rektor terpilih dengan alasan pemilihan tidak sesuai statuta baru dan Kementerian Agama menunjuk karateker merupakan alasan mengada-ngada dan dipaksakan.

“Banyak kejanggalan pada statuta baru Peraturan Menteri Agama (PMA) No.20 seperti ada kata-kata Statuta UIN Sunan Jati Bandung bukan UIN Alauddin,tidak ada pasal yang mengatur pemilihan anggota senat maupun pemberhentian rektor, “pungkasnya.


div>