SABTU , 20 OKTOBER 2018

Alumni STIKOM-Unifa Tudang Sipulung di Gedung Baru Unifa

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 28 April 2016 17:28

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sejumlah Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) – Universitas Fajar (Unifa), membeberkan peluang kerja di bidang jurnalistik kepada UKM Pers Unifa di gedung baru Unifa, Kamis (28/4). Alumni yang hadir berasal dari kalangan jurnalis dan akademisi.

Mereka yang hadir, di antaranya jurnalis Metro Tv, Ve Channel, MNC Media, Harian Fajar, Tribun Timur, Go Cakrawala, Rakyat Sulsel, Makassar Terkini, Gosulsel.com, Tempo Biro Makassar dan dosen Unifa. Juga Capila Production.

Yulhaidir Ibrahim, Manajer sirkulasi Harian Fajar, mengapresiasi pertemuan alumni yang diinisasi oleh UKM Pers Unifa ini. “Pertemuan seperti ini sebaiknya sudah dijadikan rutinitas. Banyak hal yang bisa kita bicarakan di sini, termasuk peluang kerja,” katanya.

Ia pun mengapresiasi perkembangan Tabloid Kertas yang dikelola UKM Pers Unifa sejauh ini. “Kertas sudah bagus, seperti ayam jago, sudah bisa diikutkan bertanding,” ucap pria yang akrab disapa Didi ini.

Sekarang, kata dia, waktunya untuk meng-upgrade kamampuan yang dimiliki. “Senior kalian yang ada di media sudah punya peluang untuk menarik kalian bekerja,” tambahnya.

Menurutnya, cara berpikir dan sikap menjadi kuncinya. “Jangan hanya jadikan UKM Pers sebagai tempat duduk-duduk. Kalian harus mempengaruhi lingkungan,” imbaunya.

Sementara Redaktur Go Cakrawala, Irwan AR mengatakan, Unifa memikiki brand jurnalistik. Namun, setelah ditinjau pada beberapa media, jumlah wartawan alumni Unifa sangat minim.

“Ini share untuk kampus, yaitu bagaimana mendeteksi media lokal sebagai lapangan kerja ataupun tempat ber-KKLP,” tuturnya.

Menurutnya, UKM Pers seharusnya dapat menjadi sumber informasi di kampus, khususnya komunikasi dengan media lokal. “Itu sebenarnya bermanfaat. Jadi, organisasi lain yang ingin mencari informasi soal kerjasama dengan media, cukup menghubungi UKM Pers,” ujarnya.

Sekedar informasi, Universitas Fajar merupakan penggabungan perguruan tinggi dari tiga Sekolah Tinggi yang berada dinaungan Yayasan Pendidikan Fajar, seperti Stikom, Sekolah Tinggi Akuntansi dan Sekolah Tinggi Ilmu Parawisata.

Difusi tiga kampus ini diresmikan jadi Unifa pada 8 Agustus 2008 lalu.


Tag
div>