MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Alvara Research: Peluang Poros Ketiga Tergantung 3 Sosok Kunci Ini

Reporter:

Editor:

Lukman

Senin , 28 Mei 2018 03:07
Alvara Research: Peluang Poros Ketiga Tergantung 3 Sosok Kunci Ini

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM– Poros ketiga dalam presiden (pilpres) 2019 diprediksi masih berpeluang terjadi. Nama Jenderal TNI (purn) Gatot Nurmantyo, digadang-gadang menjadi salah satu kandidat yang dijagokan.

CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali menuturkan bahwa kunci terbentuknya poros ketiga salah satunya dipegang oleh Gatot.

Jika dia berhasil melakukan lobi-lobi politiknya, poros ketiga bukan hanya isapan jempol.

“Karena itu lobi-lobi politik dari Gatot itulah sebenarnya yang bisa untuk poros ketiga atau tidak,” kata Hasanuddin di Hotel Oria Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (27/5).

Sementara itu peran dari elit-elit partai politik juga memegang andil dalam terbentuknya poros ketiga.

Sebab sejauh ini, masing-masing partai masih ngotot dengan pencalonan orang di internalnya. Sebut saja seperti Gerindra mantap dengan pencalonan Prabowo Subianto.

Pun dengan PKS yang masih setia mendukung Prabowo. Sementara Demokrat diperkirakan tidak akan rela memberikan tiketnya kepada orang di luar partainya.

“Menurut kita kuncinya ada di pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan Prabowo. Apakah bisa muncul poros ketiga itu. Kalau dua tokoh itu belum ketemu kemungkinan agak susah,” tegas Hasanuddin.

Di sisi lain, jika dilihat dari konstelasi koalisi partai, tak menutup kemungkinan terbentuknya poros ketiga. Sebab, syarat presidential treshold sebanyak 20 persen suara parlemen atau 25 persen suara nasional, masih mungkin terpenuhi.

“Kalau Demokrat ketemu PKB dan PAN itu cukup. Gerindra, PKS cukup. Kemungkinan 3 nama masih mungkin karena syarat pencalonan dari partai masih cukup, masih bisa,” pungkas Gatot. (JPC)


div>