MINGGU , 22 JULI 2018

Ambil Tanganku, Kuambil Tanganmu

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 22 Februari 2016 12:00
Ambil Tanganku, Kuambil Tanganmu

int

Give your hands to other. Berbuat baik, membantu orang lain menciptakan suasana kenyamanan dan mempermudah urusan orang lain. Membuat  kebahagiaan bersama adalah bentuk-bentuk yang secara inhearing atau secara spontan hadir dalam pikiran dan hati pemimpin.

Dalam agama mengatakan, kalau kau berbuat baik maka Allah SWT tidak tidur. Dia akan membantumu, Allah SWT akan memudahkan  urusanmu. Allah SWT membalasmu seperti apa yang kau buat pada orang lain. Dalam adat Bugis Makassar bahkan mengatakan, sipakatau, sipakalabbiri’, malilu sipakainga’, mali siparappe. Ada karakter yang melekat padamu.

Nasehat orang tua kita katakan bahwa takdir dan rezekimu pasti tidak tertukar. Dan hati-hati, jangan sampai kau kufur nikmat atau tidak tahu bersyukur. Allah SWT akan mencabut nikmatmu lalu ditukar dengan siksaan. Dengan segala kebaikan yang kita tebar, maka kita tidak perlu khawatir dengan siapapun dan ancaman apapun?.

Allah SWT telah menentukan apa yang terjadi besok dan tak seorang pun yang dapat merubahnya. Kalau begitu, menjadi orang baik  itu adalah keharusan bagi semua orang dan kita harus dapat perhatikan nasehat saya seperti ini, tidak menjadi pribadi yang diharamkan hadir oleh banyak orang, karena kalau dia hadir akan menyusahkan. Tidak menjadi pribadi yang kehadirannya hanya disunnatkan (pa’sambe tena). Kalau hadir oke saja dan kalau tidak hadir tidak apa. Tapi, jadilah pribadi yang fardhu ain atau pribadi yang dicari-cari dan dibutuhkan. Sudahkah kita seperti itu? Kalau belum, itu tidak terlambat untuk mulai sekarang. Sehingga, hidup kita adalah bagian yang tercatat sebagai  ibadah di sisi Allah SWT. Salamakki. (*)


Tag
div>