MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

AMMB Resmi Lapor PTPN XIV ke Ombudsman

Reporter:

Irsal

Editor:

Ridwan Lallo

Senin , 12 Februari 2018 15:24
AMMB Resmi Lapor PTPN XIV ke Ombudsman

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Aliansi Masyarakat Maiwa Bersatu (AMMB) Enrekang resmi melaporkan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV ke Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulsel, Senin (12/2).

Laporan itu terkait penguasaan lahan warga yang dituding dilakukan perusahaan tersebut di Kecamatan Maiwa Enrekang.

Perwakilan AMMB, Andi Pangeran, mengatakan, Hak Guna Usaha (HGU) PTPN XIV yang telah berakhir sejak tahun 2003 dan tidak diperpanjang. Maka secara hukum PTPN XIV tidak berhak lagi melakukan aktivitas di lokasi tersebut,” ujar Andi Pangeran.

Menurutnya, apa yang dilakukan PTPN XIV hanya menimbulkan konflik di masyarakat. “Juga sudah ada beberapakali membuat konflik dengan masyarakat. Seolah warga Maiwa di benturkan dengan polisi yang ditugaskan berjaga di sana,” terangnya.

Terkait laporan ini, Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sulsel, Subhan Djoer menyampaikan langsung ditindaklanjuti dengan mengkaji apakah syarat formal dan material laporan ini terpenuhi. Paling lambat, Senin pekan depan pihaknya sudah akan menerbitkan surat kepada pihak yang dilaporkan.

“Bisa surat permintaan klarifikasi kepada terlapor, atau surat panggilan. Itu akan diputuskan dalam rapat nanti,” kata Subhan.

Ia menegaskan rekomendasi yang dikeluarkan Ombudsman wajib ditindaklanjuti sebagai perpanjngan tangan pemerintah pusat di daerah. Termasuk surat panggilan bilamana pihaknya menerbitkan itu. (*)


div>