MINGGU , 20 JANUARI 2019

AMSA UMI Diberangkatkan Bantu Korban Tsunami

Reporter:

Iskanto

Editor:

Selasa , 25 Desember 2018 12:11
AMSA UMI Diberangkatkan Bantu Korban Tsunami

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Asian Medical Student Asossiation (AMSA) Univeraitas Muslim Indonesia (UMI) yang tergabung dalam Tim Asian Medical Docter Asossiation (AMDA) Indonesia berangkat untuk membantu korban tsunami Banten dan Lampung yang terjadi beberapa waktu lalu.

Adapun tim AMSA UMI yang berangkat yaitu Khusnul Yaqien, S Ked Mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran UMI, tim ini berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddi dan dilepas oleh presiden AMDA Indonesia, Prof Andi Husni Tanra didampingi oleh Sekertaris AMDA yang juga Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Prof dr Syarifuddin Wahid Ph D.

Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Prof dr Syarifuddin Wahid Ph D mengatakan selain bertugas untuk melakukan pertolongan awal juga Akan melakukan Evaluasi dan Identifikasi masalah dan kebutuhan yg diperlukan.

“Baru melakukan identifikasi awal, nantinya akan kita terjunkan lagi relawan sesuai kebutuhan di lapangan,” katanya, Selasa (25/12).

Nantinya, kata dia, akan menerjunkan tim bantuan medis dari Fakultas Kedokteran UMI.

Tim AMSA UMI bukan pertama kalinya terlibat dalam aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh AMDA Indonesia, misalnya bencana gempa di Lombok, Gempa dan  Tsunami di Palu.

“Sekarang ini tim sinergitas AMDA Indonesia dan AMSA UMI akan membantu korban tsunami di selat Sunda,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden AMDA Indonesia, Prof Dr Andi Husni dalam  mengatakan, mendukung kemanusiaan adalah prinsip utama Dokter dalam menjalankan setiap tugas dan tanggung jawab, khususnya dalam hal tanggap bencana kapan dan dimanapun.

“Sudah jadi tugas dokter untuk membantu kemanusia apalagi dalam hal bencana dibutuhkan kebersamaan dan  prinsip kerjasama tim,” ujarnya.

Husni menambahkan bahwa Jiwa menolong orang lain adalah sesuatu yang sangat luhur tanpa memandang siapa pun apalagi jika mereka yang terkena bencana, bahkan merupakan ibadah yang sangats dianjurkan oleh Rasulullah.

“Sebaik baik manusia adalah mereka yang banyak memberi manfaat bagi sesamanya manusia,” tutupnya. (*)


Tag
div>