SELASA , 12 DESEMBER 2017

Ancaman Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan 3 Cara Ini

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 18 Oktober 2017 11:45
Ancaman Diabetes, Kontrol Gula Darah dengan 3 Cara Ini

Ilustrasi (Dok.Jawapos)

RAKYATSULSEL.COM – Diabetes sudah menjadi penyakit yang dihadapi masyarakat dunia. Pola hidup tak sehat dan obesitas menyebabkan tren diabetes tipe II bergeser ke usia muda. Sedangkan diabetes tipe I umumnya disebabkan faktor genetik.

Diabetes pada anak dikenal dengan diabetes tipe I. Anak dengan kondisi ini sejak kecil sudah mengalami diabetes bahkan dari usia di bawah 10 tahun.

Mereka bisa mengalami diabetes karena organ pankreasnya tidak berfungsi sejak lahir atau sejak kecil. Akibatnya, organ ini tidak dapat menghasilkan hormon insulin.

Pankreas Buatan

Baru-baru ini para ilmuwan di luar negeri telah mengembangkan sistem pankreas buatan yang terintegrasi dengan aplikasi smartphone untuk terus memantau tingkat gula darah penderita diabetes dan secara otomatis memberikan dosis insulin yang dibutuhkan. Penelitian dilakukan selama 60 ribu jam.

Selama penelitian, 30 pasien dengan diabetes tipe 1 menjalani rutinitas normal sehari-hari mereka sementara sistem pankreas buatan terus memantau tingkat glukosa mereka dan secara otomatis menyesuaikan pengaturan pemberian insulin.


div>