MINGGU , 25 FEBRUARI 2018

Anda Mantan Perokok? Makan Ini Cocok Perbaiki Paru-paru

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 30 Januari 2018 07:30
Anda Mantan Perokok? Makan Ini Cocok Perbaiki Paru-paru

ILUSTRASI

RAKYATSULSEL.COM – Selama bertahun-tahun, kita sudah tahu bahwa merokok itu buruk bagi kesehatan. Sejak 1965 silam, lebih dari 40 persen orang dewasa yang pernah merokok telah berhenti merokok.

Tapi ternyata, selain berhenti merokok, ada beberapa langkah lain yang bisa dilakukan perokok untuk membantu memperbaiki paru-paru mereka. Karena itu mereka perlu mengonsumsi makanan seperti tomat dan apel.

Menurut penelitian di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, nutrisi tertentu yang ditemukan pada tomat dan apel bisa membantu memulihkan kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh merokok.

Secara khusus, orang dewasa yang makan lebih dari dua tomat atau lebih dari tiga porsi buah segar per hari mengalami penurunan fungsi paru yang lebih lambat daripada mereka yang makan lebih sedikit buah.

Sayangnya, tidak ada jalan pintas. Periset tidak melihat efek positif yang sama dari makanan olahan seperti saus tomat dan hanya melihat manfaat dari buah dan sayuran segar.

Dan manfaat makan tomat, khususnya, tidak terbatas pada mantan perokok saja.

Penelitian yang dipublikasikan di European Respiratory Journal menemukan bahwa bahkan orang dewasa yang tidak pernah merokok melihat penurunan fungsi paru mereka yang melambat ketika mereka mengonsumsi tomat dan apel.

Mengingat fungsi paru-paru mulai memburuk sekitar usia 30 tahun, ini adalah kabar baik bagi semua orang.

“Studi ini menunjukkan bahwa diet bisa membantu memperbaiki kerusakan paru-paru pada orang-orang yang telah berhenti merokok,” kata asisten profesor di departemen kesehatan internasional Bloomberg School dan penulis utama studi tersebut, Dr. Vanessa Garcia-Larsen, seperti dilansir laman Sheknows.

“Hal ini juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya buah bisa memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda belum pernah merokok,” sambung Garcia-Larsen.

Temuan ini mendukung kebutuhan akan rekomendasi diet, terutama bagi orang-orang yang berisiko terkena penyakit pernafasan seperti COPD.

Jadi lain kali Anda membuat salad, tambahkan beberapa tomat segar di atasnya atau beberapa apel yang diiris untuk menambahkan rasa ekstra dan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan. (jpnn)


div>