SELASA , 11 DESEMBER 2018

Andi Ayu Sriwahyuni, Mahasiswi Cantik yang Raih Cumlaude di UNM

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Rabu , 08 Agustus 2018 22:00
Andi Ayu Sriwahyuni, Mahasiswi Cantik yang Raih Cumlaude di UNM

Andi Ayu Sriwahyuni. (Irsal/RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Duduk di jejeran kursi bagian belakang, Andi Ayu Sriwahyuni dengan paras wajah yang cantik berpakain jubah dan bertoga, sesekali melemparkan senyum. Ia terlihat bahagia, pasalnya penantian selama empat tahun akhirnya tercapai.

Tepat pada hari Rabu (8/8), ia mengikuti prosesi sakral dalam menempuh pendidikan Strata Satu (S1) yakni prosesi wisuda yang diselenggarakan Universitas Negeri Makassar (UNM) di pelataran Gedung Phinisi.

Hari itu menjadi hari paling bahagia dan pengalaman yang tidak bisa dilupakan Ayu. Ia mengorbankan banyak hal untuk mencapai hari itu, waktu, tenaga dan fikiran selalu dicurahkan untuk menyelesaikan tugas-tugas kampusnya.

“Alhamdulillah, sangat bahagia, akhirnya bisa sampai tahap ini, butuh perjuangan selama empat tahun untuk mencapai tahap ini,” ujarnya.

Ayu sapaannya, mulai tercatat sebagai mahasiswa UNM sejak tahun 2014 lalu di jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ini, berhasil menyelesaiakan studinya dengan predikat memuaskan.

Selain aktivitas kampus, ia juga tak luput menyibukkan diri dengan organisasi kampus. Ia mengasah bakat menulisnya di Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM. Dari situ ia menggemari dunia kepenulisan, begitu dekat dengan sastra. “Saya senang dengan puisi, dan sudah mengirim karyaku di beberapa media,” ujar Ayu.

Gelar sarjana ini, ia persembahkan kepada kedua orang tua tercintanya, karena ia hanya anak tunggal dari pasangan Andi Nurdin dana Andi Rusni dan harapan satu-satunya dalam lingkup keluarga.

“Mamaku meneteskan air mata bahagia waktu mendengar saya mau wisuda, pas ramah-tamah ia juga menangis,” pengakuannya.

Sebagai anak tunggal, ia hanya ingin memberikan kebahagian kepada kedua orang tuanya, menjadi anak berbakti dan berguna kepada masyarakat. “Harapanku hanya ingin membahagiakan orang tua dan berguna bagi masyarakat,” harapnya.

Gadis kelahiran Pinrang 1996 ini, menyelesaikan studi di UNM dengan predikat Cumlude. Hal ini setelah menghadapi ujian akhir skripsi dengan judul pengembangan paket analisis regresi berbasis web.
Ayu menjelaskan terkait penelitiannya. Dimana skripsi ini tentang membuat sebuah pengembangan paket statistika yang baru (inovasi) dengan berbasis web, jadi seperti analisis statistika yang lebih memudahkan dan bisa diakses dimana saja, kapan saja, siapa tanpa menginstal aplikasi terlebih dahulu.

“Adapun langkah-langkahnya, yakni pertama membuat terlebih dahulu rumus-rumus statistiknya kemudian di input masuk dalam bahasa pemprograman di aplikasi pembuatan web, setelah itu di buatkan webnya, dan setelah jadi webnya, hasil analisis aplikasinya disesuaikan dengan hasil analisis aplikasi statistika yg lain, dan hasilnya nya sama. Jadi pengembangan paket yang dibuat, sudah diuji coba dan bisa digunakan publik,” jelasnya. (*)


div>