RABU , 14 NOVEMBER 2018

Ilhamsyah Mattalatta Didorong Maju Pilgub Sulsel

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 24 Agustus 2017 08:00
Ilhamsyah Mattalatta Didorong Maju Pilgub Sulsel

Andi Ilhamsyah Mattalatta

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pengurus DPD Partai Hanura Sulsel, yang baru saja dilantik belum lama ini punya ambisi besar untuk mendorong kader maju di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Koordinator DPP Hanura Wilayah Sulsel, Sulbar dan Sultra Bahar Ngitung (Obama) yang dikonfirmasi mengaku banyaknya dorongan kader Hanura yang menginginkan Ketua DPD Hanura Sulsel, Andi Ilhamsyah Mattalatta maju di Pilgub Sulsel 2018 nanti.

Hal tersebut dinilai wajar, mengingat prestasi politik Hanura yang cukup baik di Pileg lalu, dengan memperoleh enam kursi di DPRD Sulsel. Hal itu pun membuat Hanura memiliki bargaining politik strategis dalam menentukan dinamika politik Pilgub mendatang.

“Dengan modal enam kursi di DPRD Sulsel kami Hanura optimis bisa mendorong kader internal, yaitu pak ketua Ilhamsyah untuk maju di Pilgub Sulsel,” ujar Obama saat dikonfirmasi via seluler Rabu (23/8).

Dia menambahkan, soal Pilgub Sulsel, pengurus DPP Hanura sudah bersepakat untuk tetap menjalin komunikaai dan koordinasi dengan figur yang belum menetapkan pasangan dalam Pilgub. “Komunikasi juga masih terus dibangun agar bisa koalisi nanti,” terangnya.

Sementara itu Ketua DPD Hanura Sulsel, Andi Ilhamsyah Mattalatta ketika dikonfirmasi enggan berkomentar banyak, terkait dorongan terhadap dirinya untuk ikut menjajal Pilgub. Menurutnya, segala hal yang berkaitan dengan kontestasi politik, khususnya Pilgub merupakan ranah DPP untuk memberikan pertimbangan.

“Saya tidak bisa berkomentar, sudah ada kader yang ditunjuk mengomentari Pilkada maupun pilgub,” singkat Ilhamsyah.

Konsultan Politik Jaringan Suara Indonesia (JSI) Nursandy menuturkan, Andi Ilhamsyah Mattalatta yang baru saja dilantik menahkodai Hanura Sulsel kecil kemungkinannya untuk ikut bertarung. Bukan tanpa alasan, bahkan ia belum sama sekali mengutarakan keinginannya untuk maju.

“Peluang Andi Ilhamsyah Mattalatta kecil kemungkinan untuk maju bertarung. Apalagi beliau tak pernah mengutarakan keinginan untuk bertarung di Pilgub,” tuturnya. [NEXT-RASUL]

Namun memang, kansnya sebagai pimpinan parpol bisa saja menjadi satu poin penting bagi bakal calon untuk mendapatkan rekomendasi parpol. Sehingga, tidak menutup kemungkinan akan terjadi lobi-lobi politik bagi kandidat ke Hanura.

“Namun dengan posisi sebagai Ketua Hanura Sulsel bisa saja kandidat tertentu membuka ruang negosiasi untuk membicarakan kemungkinan berpasangan. Utamanya kandidat yang merasa posisinya terancam tak mampu mencukupkan dukungan parpol,” jelas Nursandy.

Lebih lanjut, Nursandy menjelaskan, untuk saat ini, Abdi Ilhamsyah mattalatta lebih baik untuk memperbaiki struktural Partai Hanura. Apalagi, pasca dirinya memimpin tentu sangat diperlukan konsolidasi partai dalam menghadapi Pilkada serentak mendatang.

“Sebagai Ketua Hanura Sulsel yang baru, tentu akan jauh lebih baik bagi Andi Ilhamsyah Mattalatta fokus melakukan konsolidasi organisasi, memperkuat sistem dan soliditas demi target partai yang ingin dicapai kedepan,” terangnya.

Sementara itu, Pakar Politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono menuturkan, peluang Andi Ilhamsyah Mattalatta sangat terbuka untuk menjajal peluang maju di Pilgub. Hal itu didasarkan pada posisinya saat ini sebagai pimpinan Hanura Sulsel. “Peluang tetap ada, mengingat Hanura juga punya kursi di DPRD,” ungkapnya.

Namun memang, kata Arief, menilik pada konstalasi politik saat ini jelang Pilgub, Andi Ilhamsyah Mattalatta cukup jauh tertinggal dari bakal calon lain yang telah melakukan manuver. Sehingga, Andi Ilhamsyah Mattalatta mesti berfikir matang-matang apabila benar-benar ingin ikut berkompetisi. “Namun menurut saya tidak sebesar atau seperti calon lain yang sudah lebih dulu bergerak,” jelasnya. (*)


Tag
div>