RABU , 20 JUNI 2018

Andi Muh Ihsan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Jumat , 08 Juni 2018 01:12
Andi Muh Ihsan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

int

BONE, RAKYATSULSEL.COM – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Andi Muh Ihsan, menggelar sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Pesantran Al Hijrah, Kelurahan Majang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Kamis (7/6/2018).

Sosialisasi 4 pilar kebangsaan itu mengambil tema “Posisi dan Peran Generasi Muda Dalam Memperkokoh Identitas Kebangsaan Indonesia”.

Dihadapan para peserta, Andi Muh Ihsan menekankan bahwa sebuah bangsa atau negara akan menjadi besar apabila didukung oleh para pemuda yang sadar akan identitas dirinya. Kesadaran itulah yang kemudian akan menopang identitas bangsa dan negaranya. Sekaligus menjadi pembeda diantara bangsa-bangsa dan negara-negara di dunia ini.

“Itu artinya, kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada generasi penerus suatu bangsa yang tak lain adalah pemuda,” ujar Andi Muh Ihsan.

Ia juga menekankan tentang kepada masyarakat agar memahami substasi (esesnsi) yang terkandung dalam Lima sila yang menjadi dasar negara Indonesia.

Misalnya, kata Ihsan, dalam sila ketiga, persatuan indonesia, yang didalamnya terkandung nilai “gotong royong”. Dalam konteks tertentu, “gotong” pada hakekatnya dapat dimaknai sebgai tugas, peran, tanggungjawab yang dipikul oleh masing-masing warga sebagai anak bangsa.

“Sementara “royong” adalah kebersamaan. Membangun semangat bersatu-bersama memperjuangkan sebuah cita-cita. Singkatnya, bahwa sekalipun kita semua berbeda dalam peran, beda tugas, beda jenis pikulan, akan tetapi sejatinya kita berada dalam satu semangat. Yakni sama dan satu memperjuangkan visi dan misi NKRI,” jelasnya.

Dalam acara yang dirangkai dengan Buka Bersama ini, hadir diantaranya perwalikan pemuda dari Komunitas Papa Bone, unsur mahasiswa dan pelajar, perwakilan kepala desa, imam desa dan kelurahan di Kabupaten Bone.

Hadir juga perwakilan majelis taklim, pengurus masjid, tokoh masyarakat serta para pengurus yayasan Al Hijrah Bone. (*)


div>