Anggaran Makan Minum DPRD Rp220 Juta Pertahun

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, Amirudidn Said.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepare, Amiruddin Idris, mengatakan, anggaran makan minum bagi 25 Anggota DPRD Parepare, baik untuk rapat paripurna maupun rapat komisi, dianggarkan total Rp220 juta setiap tahunnya.

Dia menjelaskan, untuk sekali rapat paripurna yang selesai pada jam satu atau jam dua siang, menghabiskan sebesar Rp5 juta. Angka tersebut, klaimnya, lebih kecil jika dibandingkan dengan daerah lain. Apalagi, jelasnya, sajiannya dalam bentuk prasmanan, yang lebih murah dan menjangkau banyak orang di DPRD.

“Daripada makan di restoran, mungkin anggaran yang dihabiskan bisa jauh lebih banyak, daripada dengan model prasmanan,” katanya, Senin (20/03/2017).

Dia mengungkapkan, tidak ada kepastian jumlah rapat paripurna dalam setiap tahunnya. Namun, kata dia, pihaknya cukup menyerahkan standar hitungan yang diajukan, untuk dikalkulasi anggarannya. Sementara, katanya, untuk rapat komisi, kami cukup siapkan snack, meskipun jam makan siang. Selain itu, lanjutnya, anggaran tersebut digunakan jika ada tamu khusus dari DPRD, atau tamu yang datang dan memiliki kepentingan dengan DPRD.

“Jika anggaran habis, kami bisa berhutang di bagian keuangan Setdako, dan minta dianggarkan pada tahun depan. Tapi selama ini belum pernah melakukan penambahan, dan selalu cukup. Kami juga berupaya tetap mengadakan makanan yang murah dan berkualitas,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Komisi I DPRD Parepare, Tasming Hamid, menerangkan, anggaran tersebut dinilai cukup dengan melihat kualitas yang disajikan. Kalaupun kurang, kata dia, akan diupayakan untuk dicukupkan. “Nanti dilakukan penambahan, jika dalam perjalanannya ternyata berkurang, karena banyaknya agenda paripurna,” pungkasnya. (Luki)