SENIN , 22 OKTOBER 2018

Anggaran Pengadaan Obat Dinkes Makassar Capai Rp 9 Miliar

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 21 Juni 2018 10:45
Anggaran Pengadaan Obat Dinkes Makassar Capai Rp 9 Miliar

ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kesehatan tengah memproses pengadaan obat-obatan yang akan didistribusikan ke 46 puskesmas di Kota Makassar.

Anggaran pengadaan obat-obatan tersebut mencapai Rp9 miliar, yang bersumber dari APBD Pokok 2018.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah T Azkin mengatakan, bahwa pengadaan obat-obatan tersebut saat ini sementara berjalan melalui e-katalog.

“Sudah masuk di e-katalog, ini berlaku untuk semua pengadaan obat dan alat kesehatan, jadi bukan lewat ULP. Anggarannya itu sekitar Rp9 miliar. Obat ini untuk seluruh puskesmas dan pelayanan kesehatan di Makassar,” ujar Naisyah, Rabu (20/6) kemarin.

Dikatakannya pula bahwa seluruh obat yang akan dibeli tersebut adalah obat generik, sebab tidak ada obat pengadaan pemerintah yang bukan generik. Kemudian, lanjut Naisyah, semua obat bakal dimasukkan kedalam daftar Dinas Kesehatan dan pembelian tersebut melalui e-katalog tanpa melalui proses tender.

“Jadi, kita tidak tahu siapa perusahaan yang punya, siapa pengusahanya karena tinggal di pilih saja,” kata Naisyah.

Terpisah, Kabid Pengembangan Sumber Daya Dinas Kesehatan Kota Makassar, Irma Haddade mengatakan obat-obatan ini mencakup 75 jenis obat-obatan dan akan disebar di 46 puskesmas.
Pembelanjaan obat-obatan tersebut berdasarkan permintaan kebutuhan puskesmas sendiri. Ini mengacu pada aturan Formularium Nasional (Fornas).

Seluruh puskesmas telah memberikan rencana kebutuhan obat. Permintaan ini akan langsung dipesan di e-katalog. “Jadi bukan dinas yang atur. Kita sesuaikan dengan kebutuhan Puskesmas,” ujar Irma.

Dari rencana kebutuhan yang diajukan, ada beberapa Puskesmas yang memiliki permintaan obat khusus. Sehingga tahun ini, ada pelelangan dana Rp1,4 miliar untuk memenuhi kebutuhan tersebut. (*)


div>