SELASA , 18 DESEMBER 2018

Anggota DPD Lepas 242 Jamaah Haji Ananda Group Menuju Mekah

Reporter:

Ridwan Lallo

Editor:

Kamis , 16 Agustus 2018 20:59
Anggota DPD Lepas 242 Jamaah Haji Ananda Group Menuju Mekah

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Dapil Jambi, Abu Bakar Jamalia melepas secara resmi 242 Jamaah Haji khusus PT Ananda Group dari Madinah menuju Kota Mekah.

Dalam kesempatan itu, Abu Bakar Jamalia didampingi anggota DPD lainnya. Seperti Ir Muhammad Nabil dari Dapil Kepri dan Syarif dari Dapil Lampung.

Abu Bakar Jamalia berpesan kepada jamaah agar senantiasa menjaga etika selama di tanah suci dan mendoakan Indonesia agar terlepas dari segala mara bahaya dan mendapatkan pimpinan yang amanah.

“Semoga menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Sekadar diketahui, saat berada di Madinah, para jamaah beramai-ramai berziarah ke komplek Pemakaman Baqi, Madinah, Arab Saudi. Di lokasi tersebut, para sahabat nabi dimakamkan.

Komplek pemakaman sudah ada sejak tahun 1 Hijriyah atau 14 abad lalu. Hingga kini, masih digunakan untuk memakamkan jamaah haji yang meninggal di Madinah, termasuk dari Indonesia.

Namun, waktu ziarah ke Pemakaman Baqi dibatasi pada jam-jam tertentu. Pagi hari dibuka usai Salat Subuh hingga pukul 08.00 waktu setempat, dan sore hari setelah Salat Ashar.

Di samping kegiatan inti seperti shalat fardhu’ berjama’ah, ke Raudhah, dan ziarah Rasul, sebagian jamaah bahkan menambah dengan berpuasa sunnah Senin dan Kamis, menghatamkan Al-qur’an, istighosah bersama, dan bershodaqah.

Mereka juga melakukan shalat sunnah berjamaah seperti shalat tasbih, shalat hajat, shalat tahajjud, shalat taubat. Lalu, mengikuti majlis ilmu (halaqah atau majlis ta’lim) yang ada di Masjid Nabawi, yang dilangsungkan setiap sesudah shalat Ashar dan Maghrib. (*)


div>