MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Anggota DPRD Sulsel Mediasi Konflik 3 Kelompok Nelayan

Reporter:

Muhammad Iqbal

Editor:

Iskanto

Kamis , 30 Agustus 2018 20:16
Anggota DPRD Sulsel Mediasi Konflik 3 Kelompok Nelayan

Upaya mediasi tiga kelompok nelayan yang terlibat konflik, Kamis (30/8)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Anggota DPRD Sulsel Irfan AB, bersama Dinas Perikanan dan Kelautan, serta Dinas Perikanan Kabupaten Maros memfasilitasi kelompok nelayan yang terlibat konflik. Dimana, konflik antar nelayan akhir-akhir ini sedang memanas.

Konflik terjadi antara nelayan Desa Pajjukukang, Kabupaten MarosĀ  dan Nelayan Pulau Kodingareng, Makassar serta Nelayan Pulau Sarappo, Kabupaten Pangkep yang mengakibatkan terjadinya perang dingin di antara ketiganya.

Konflik terjadi karena Nelayan yang bermukim di Pajjukukang dan Sarappo tidak diizinkan untuk menangkap Ikan di laut yang berada di Kodingareng dan Pajjukukang. Larangan tersebut mengakibatkan nelayan Pajjukukang tidak melaut.

Kondisi ini meresahkan nelayan Pajjukukang yang pada umumnya menggantungkan hidupnya di sektor tangkapan ikan di lautan. Untuk tahap awal mediasi masing-masing diadakan di Pajjukukang, Sarappo, dan Kodongareng.

Untuk Pajjukukang kemarin telah diadakan pertemuan dengan para pemilik kapal dan telah diidentifikasi berbagai hal yang dianggap sebagai pemicu konflik dan potensi konflik. Hal ini disampaikan oleh Irfan AB.

“Tahap awalnya kita akan mediasi satu per satu. Untuk nelayan yang ada di Pajjukukang itu kemarin sudah kita adakan pertemuan bersama pemilik kapal dan kami bahas tentang pemicu konflik ini, juga potensi dari konflik tersebut,” kata Irfan AB, Kamis (30/8).

Kami akan memfasilitasi mereka, jangan sampai konflik ini makin parah. Kita semua tentunya tak ingin para nelayan ini terpecah belah, kita semua ingin nelayan dapat mencari ikan dengan tenang dan tanpa gangguan dari pihak lain,” lanjutnya.

Setelah pertemuan tersebut, akan dilanjutkan pertemuan di Dinas Perikanan dan Kelautan provinsi Sulsel dengan menghadirkan masing-masing pihak. (*)


div>