RABU , 14 NOVEMBER 2018

Angka Kematian Ibu di Parepare Alami Penurunan

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Selasa , 25 September 2018 13:38
Angka Kematian Ibu di Parepare Alami Penurunan

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Hingga September 2018, Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan di Kota Parepare mengalami penurunan dibanding pada 2017 lalu.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare, Kasna mengatakan, 2017 tercatat sebanyak empat kasus ibu yang meninggal. Sedangkan hingga September 2018 turun menjadi satu kasus.

“Dibanding tahun lalu memang menurun. Namun kami harus terus berupaya agar kasus kematian pada ibu tidak terjadi lagi. Walaupun mustahil, tapi setidaknya kita harus upayakan dulu,” jelas Kasna usai kegiatan pelatihan pelayanan KB pasca persalinan dan pasca keguguran, Selasa, (25/9/2018).

Untuk itu lanjut dia, agar AKI tak meningkat, Dinas Kesehatan bersama DKKBN Parepare terus mensosialisasikan penggunaan KB pada ibu serta memberikan pelatihan berbasis kompetensi pada staf fasilitas kesehatan di Parepare.

“Pelatihan kepada staf faskes ini juga sangat penting yaitu untuk meningkatkan cakupan KB pasca persalinan. Didalam pelatihan tersebut kita memberikan materi bagaimana cara memberikan konseling seimbang, memberikan pelayanan KB kepada ibu, serta konseling mengenai Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP),” lanjutnya.

Kami berharap penggunaan KB pasca melahirkan maupun keguguran meningkat dari tahun ketahun.

“Dari data tahun 2017 itu ada sekitar 57%, jadi kami harap meningkat menjadi 82% pada tahun 2019 nantinya,” harapnya. (MP1)


div>