RABU , 14 NOVEMBER 2018

Antisipasi Hoax Jelang Pemilu 2019, Diskominfo Makassar Bikin Inovasi

Reporter:

Editor:

Iskanto

Kamis , 08 November 2018 16:40
Antisipasi Hoax Jelang Pemilu 2019, Diskominfo Makassar Bikin Inovasi

Kepala Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar bakal membuat sebuah inovasi untuk mengahadapi Pemilu 2019 mendatang.

Kepala Diskominfo Kota Makassar, Ismail Hajiali mengatakan, inovasi tersebut bertujuan untuk melawan isu-isu hoax terutama saat Pemilu nanti. Sebab momen politiklah yang paling banyak penyebaran isu-isu sara hingga kebencian.

“Untuk itu kita telah bekerjasama dengan pusat. Dengan kerja sama itu, media-media siber yang akan memantau konten-konten penyebaran hoax. Jadi, kami harap nantinya bisa mempersempit penyebaran hoax pada pemilu nanti,” kata Ismail, Kamis (8/11/2018).

Menurutnya, penyebaran konten-konten yang dimaksud sudah dipastikan akan ramai pada Pemilu nanti. Sebab pengalaman di momen politik sebelumnya, peredarannya sangat gencar di media sosial.

Nantinya, jika terbukti ada akun media sosial yang menyebarkan hoax akan segera ditindak lanjuti. “Penyelidikan itu langsung dilakukan jika ada bukti. Terlebih akun-akun palsu (anonim) yang banyak tersebar,” paparnya.

Tidak hanya itu, inovasi lain yang akan dilakukan dengan turun langsung bersosialisasi dengan masyarakat. Sosialisasi itu dilakukan untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya menyebarkan berita hoax.

“Jadi biar masyarakat bisa sehat menggunakan media sosial dan menerima berita dengan bijak. Paling tidak masyarakat bisa paham dan mampu lebih cerdas dalam menyaring berita,” pungkasnya. (*)


Tag
div>