RABU , 19 DESEMBER 2018

Antisipasi Jebolnya Bendungan, PT Vale Perlebar DAM Larona

Reporter:

dedi

Editor:

Selasa , 06 Desember 2016 17:20
Antisipasi Jebolnya Bendungan, PT Vale Perlebar DAM Larona

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – PT Vale Indonesia, siap menambah lebar bendungan DAM Larona. Hal ini akan dikerjakan pada 2017 nanti. Demikian dikatakan Wafir Selaku Project Manajer DAM Larona, Selasa (6/12).

Menurutnya, bendungan DAM Larona ini harus di tambah, karena untuk mengantisipasi dampak terburuk yang akan ditimbulkan jika bendungan tersebut jebol. Selain itu, sudah ada juga rekomendasi ahli bendungan, yang meminta DAM Larona harus di tambah kekuatan bendungan tersebut.

Pertimbangannya, Wafir menuturkan, di Kabupaten Luwu Timur saat ini masuk daerah Gempa, sementara bendungan DAM Larona yang dibangun di tahun 70-an ini dianggap masih dibawah standart untuk menahan gempa.

“Pada saat dibangun bendungan ini sudah yang paling baik Konstruksinya, namun seiring dengan perkembangan zaman dimana Luwu Timur ini, juga menjadi masuk daerah rawan gempa, maka perlu dilakukan penambahan kekuatan bendungan ,” katanya.

Kapolres Luwu Timur, AKBP Parajohan Simanjuntak meninjau langsung bendungan tersebut, mengatakan, selain menambah daya tahan DAM, yang tak kalah penting adalah kondisi di seputar DAM Larona, dimana sudah banyak yang gundul akibat pembukaan Lahan untuk jadikan kebun murica.

“Ini juga membahayakan, tidak cukup dengan menambah lebar bendungan, tapi kondisi alam disekitar DAM juga harus di selamatkan, jika longsor maka Dam Larona akan rusak ” Kata Kapolres

Olehnya itu Kapolres akan mengajak Pemkab Lutim dan organisasi sosial untuk melakukan penanaman kembali di kawasan hutan yang tak jauh dari DAM Larona.

( Baim )

 


div>