RABU , 22 AGUSTUS 2018

Anwar “Dadagaya” Sadat Ciptakan Brand dari Nama Sendiri

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 11 April 2016 12:17
Anwar “Dadagaya” Sadat Ciptakan Brand dari Nama Sendiri

int

DADAGAYA, brand yang diciptakan dari namanya sendiri ini boleh  dibilang mampu bersaing di dunia fashion yang ada di Jakarta , tak jarang beberapa stasion televisi nasional menggunakan jasanya sebagai stylist atau wardrobe di berbagai event besar. Diantaranya, ajang pencarian bakat Primadina di MNC TV dan Dangdut Academi Indosiar.

Tak jarang kita juga sering melihat beberapa designer besar atau artis papan atas yang menggunakan jasanya,diantaranya Ivan Gunawan yang sering menggunakan baju hasil rancangan Dadagaya. Termasuk Ari Tulang,  salah satu koreographer terbesar yang ada di Indonesia,  vokalis band ternama Sammy Simorangkir, boy band, girl band dan banyak yang lainnya.

Di bulan Maret 2016 lalu,  Dadagaya menjadi salah satu designer yang beruntung memamerkan hasil karyanya di ajang Fashion bergengsi di Indonesia yaitu Indonesia Fashion Week 2016 di Jakarta.  Pada saat itu, ia mengangkat tema ‘Tanah’.

Tema ini diangkat berdasarkan akan rasa cinta yang mendalam terhadap batik nusantara, motif geometris mau  pun lengkung. Sebenarnya, ora dalam bentuk yang abadi menjadi alasannya.

“Tanah menjadi universal  ketika kita mengartikannya pada suatu hal sakral, ciptaan Tuhan dengan bermacam  keunikan, tempat kita berpijak, tempat dimana semua makhluk bumi bermuara,” terangnya.

Dalam Indonesia Fashion Week 2016, Dadagaya mempersembahkan ‘Tanah’ dalam bentuk  koleksi fashion. Kecintaannya terhadap budaya, kain nusantara dan Indonesia diwujudkan  dalam rangkaian koleksi busana pria khusus untuk Indonesia Fashion Week 2016.

[NEXT-RASUL]

Koleksi menggunakan material katun dalam olahan batik khususnya warna cokelat tanah dan sogan. Batik dengan motif truntum, kawung, serta parang, yang tampil sangat  moderen dengan blazer berpotongan asimetris.

Begitupun aksentuasi motif garis dan  polkadot hitam putih tidak lupa diselipkan, yang menjadikan sepuluh koleksi pria terpilih bercitarasa internasional tapi tetap mencintai kearifan budaya lokal. Paduan kemeja putih dengan balutan blazer menjadi ciri khas Dadagaya dalam nuansa etnik-edgy sekaligus moderen. Dadagaya memberikan koleksi dan ide gaya simpel yang segar.

Perpaduan  siluet, fashion item hingga eksperimen detail motif yang disuguhkan mampu membingkai  baju bercitra gaya yang dinamis. (*)

Dirikan Label dan Buka Butik

Setelah sekian lama berkecimpung dalam dunia fashion, akhirnya Dadagaya mendirikan  label Ready-to-Wear pada tahun 2011. Beberapa kegiatan fashion show diikutinya sampai  dengan yang terakhir pada bulan Desember 2015  dengan mengeluarkan koleksi ‘Hitam Putih’  dalam Makassar Auto fashion Trend 2016, sekaligus sebagai pembicara dalam event  tersebut.

Kepiawaiannya mengolah warna serta padu padan busana menjadikan setiap koleksinya mudah diaplikasikan kedalam berbagi gaya maupun kesempatan.

Dengan berbekal  kesenangannya di dunia fashion dan hobi yang dimiliki,  serta kecintaannya terhadap kain batik khas Indonesia khususnya sutra yang berasal dari Sulawesi Selatan, ia  sering menciptakan karya yang sangat unik. Bahan dasarnya kain traditional tersebut. Di pertengahan tahun 2016 ini,  Dadagaya sudah berencana membuka butiknya di kawasan Pancoran , Jakarta Selatan. (any/C)

[NEXT-RASUL]

Data Diri
Nama lengkap: Anwar Sadat
Panggilan: Dada
Tempat Tanggal Lahir: Makassar, 25 Februari 1977
Pendidikan terakhir:  S1-Ilmu Komunikasi-Public Relation Unhas
Pekerjaan: Owner Brand dadagaya & Section,  Head Wardrobe & Make Up MNC TV

Pengalaman:
Asisten Designer Chossy Latu 2001-2006
Penari Kinarya GSP 2002-2004
Fashion stylist di RCTI, 2006-2008
Section Head Wardrobe & Make Up Global TV, 2008-2015


Tag
  • best people
  •  
    div>