SELASA , 24 APRIL 2018

Aplikasi Facebook Lite Terbaru, Sudah Bisa Diunduh

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 27 Januari 2015 12:07
Aplikasi Facebook Lite Terbaru, Sudah Bisa Diunduh

Ujicoba Aplikasi Facebook Lite Terbaru, Sudah Bisa Diunduh. Foto TechCrunch

RAKYATSULSEL.COM – Raksasa jejaring sosial, Facebook sedang menguji aplikasi Facebook Lite yang sudah diperbarui (update). Facebook Lite sebelumnya sempat diperkenalkan pada 2009 lalu, namun usianya hanya setahun saja. Pada 2010, Facebook menghentikan aplikasi yang melayani versi minimalis dari situs Facebook.

Aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna Facebook yang minim akses data, seperti dengan konektivitas 2G. Kali ini, Facebook Lite kembali dihadirkan khusus untuk pasar negara berkembang. Aplikasi tersebut ditujukan khusus bagi perangkat Android terjangkau untuk segmen menengah ke bawah (low end).

Aplikasi terbaru Facebook Lite mempunyai kapasitas sebesar 252 KB sehingga cocok digunakan untuk smartphone dengan kapasitas memori penyimpanan yang kecil. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur bawaan Android misalnya integrasi kamera dan push notifikasi.

Seperti dilansir TechCrunch , Selasa (27/1), Facebook Lite terbaru ini berbasis Snaptu. Snaptu sendiri merupakan sebuah aplikasi web khusus telepon genggam yang menggabungkan berbagai jenis jaringan sosial, berita terbaru, olahraga, informasi cuaca, hingga informasi mengenai perfilman Hollywood dalam satu halaman.

Uji coba Facebook Lite terbaru sudah dilakukan di negara Asia dan Afrika, di antaranya Banglades, Nepal, Nigeria, Afrika Selatan, Sudan, Sri Lanka, Vietnam dan Zimbabwe. Uji coba tersebut mendapat respon yang cukup bagus dari pengguna di negara tersebut.

Facebook menegaskan uji coba tersebut sebagai  bagian untuk memastikan pengalaman yang lebih baik bagi setiap pengguna, terlepas perangkat dan koneksi jaringan yang digunakan. Hal ini juga dilakukan untuk mengkampanyekan perluasan internet melalui penggunaan situs jejaring sosial.

Diketahui, Facebook telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan teknologi untuk membuat proyek Internet.org. Internet.org bertujuan untuk menyediakan akses internet secara gratis kepada negara – negara di yang belum memiliki akses internet.

Facebook menyatakan bahwa dengan Internet.org dapat mengembangkan jaringan dan memperluas akses internet di wilayah dunia yang memiliki akses internet yang terbatas.  Untuk mengkampanyekan Internet.org, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg rela berkeliling dunia untuk menemui pemimpin negara yang dikunjunginya.

Hingga saat ini ini, aplikasi Facebook Lite sudah diunduh 10 ribu dari 639 pengguna dengan angka perolehan rating yang cukup lumayan 4,6.

Beberapa pengguna juga menyampaikan kegembiraan uji coba aplikasi ini melalui Twitter mereka. Bagi pengguna android, aplikasi terbaru Facebook Lite dapat diunduh di Play Store. (jpnn)


Tag
  • facebook
  •  
    div>