JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Aplikasi SIM-RS Diterapkan, RSUD Butuh Ahli Komputer

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 19 April 2016 16:37

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Aplikasi Sistem Informasi Menagemen Rumah Sakit (SIM-RS)  type B Andi Makkasau, Kota Parepare segera  difungsikan sehingga pihaknya membutuhkan 40 orang ahli komputer.

Plt Direktur Rumah Sakit, dr Muh Yamin mengatakan, pihaknya  membutuhkan puluhan tenaga ahli‎ komputer untuk pengoperasian aplikasi sistem tersebut.

“Tahun ini segera kami terapkan. Kami membutuhkan 40 orang ahli komputer untuk pengoprasiannya,” ujar dr Muh Yamin, Selasa (19/4).

Dia menjelaskan, sistem yang menelan anggaran Rp 2,3 miliar tersebut, adalah program yang mampu memaksimalkan sistem manajemen di RSU itu.

Dr M Yamin juga mengatakan, SIM-RS merupakan aplikasi pelayanan administrasi cepat.

“Dengan diterapkannya sistem itu, pelayanan RS akan jauh lebih efektif. Semuanya serba cepat, data pasien, obat yang dibutuhkan, hingga biaya yang dibutuhkan semuanya terintegrasi dalam SIM-RS,” jelas dia.

Dalam pengoperasian aplikasi canggih itu kata dia, pihaknya membutuhkan sedikitnya 60 orang sebagai operator untuk ditempatkan di semua titik yang terdapat diruang poli dan  informasi.

“SDM yang kami miliki sekarang hanya 26 orang. Kita masih butuh 40-an orang, mereka akan dilatih selama enam bulan, untuk diangkat sebagai tenaga non-PNS BLU,” katanya.

Dia menyebut, kini tinggal tenaga operator saja yang menjadi kendala sehingga SIM-RS belum diterapkan. Seluruh perangkat hardware dan software telah lengkap, termasuk kata dia, server induk sebagai pusat data.

Yamin mengklaim pelayanan manual selama ini yang butuh berjam-jam, bisa dipangkas hanya dalam hitungan menit menggunakan Aplikasi tersebut.

“Termasuk berapa biaya yang mesti dikeluarkan pasien. Semuaya terkontrol sehingga dokter ataupun penanggungjawab ruangan tidak bisa macam-macam memainkan obat atau jumlah pelayanan,” ungkapnya.

Menurut dia, bisa saja pasien disuruh membayar padahal obatnya dicover BPJS, uangnya tidak masuk ke kas RS.


div>