RABU , 21 NOVEMBER 2018

AppakaBaji, Sifat SulapaAppa Ada di Punggawa Macakka

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 13 Februari 2018 23:59
AppakaBaji, Sifat SulapaAppa Ada di Punggawa Macakka

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pilkada Sulawesi Selatan masuk pada tahapan pencabutan nomor urut untuk semua kandidat di Hotel Four Poin, Makassar, Selasa, 13 Februari 2018,.

Alhamdulillah pasangan Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) mendapatkan angka tertinggi dipencabutan nomor urut tersebut yaitu no 4. Angka Empat merupakan gambaran nyata untuk pempimpin Sulawesi Selatan 2018 nantinya. Amin.

Mencoba mengartikan Angka 4, dalam filosofi bugis kita kenal SulapaAppa yang artinya dalam filosofi hidup Bugis-Makassar “Sulapa’ Eppa”.

Sulapa’ Eppa (segi empat) dikemukakan oleh seorang raja yang bernama Arung Matoa Matinrowa Rikannana (memerintah pada akhir abad XVI atau permulaan abad XVII) bahwa individu yang cocok menjadi pemimpin haruslah memiliki empat kepemimpinan-bugis.

Keempat sifat itu adalah 1. Jujur, 2. Berpengetahuan, 3. Memiliki keberanian moral, dan 4. Pemurah.

Sulawesi Selatan kedepan sangat membutuhkan pempimpin yang mempunyai sifat SulapaAppa yang bisa membawa sulsel menjadi lebih baik kedepaan, dan sifat kepemimpinan SulapaAppa ada dalam diri kepemimpinan Punggawa Macakka. Appakabaji Insya Allah untuk Sulsel Keren. (*)


div>