SENIN , 10 DESEMBER 2018

April, Ketua RT/RW Terpilih Dilantik

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 01 Maret 2017 11:10
April, Ketua RT/RW Terpilih Dilantik

Ketua RW 05, Kelurahan Maricayya, Kecamatan Makassar, H Jusuf Wahid, tampil dengan busana nyentrik dengan pakaian yang bertuliskan sejumlah nama media pada pemilihan Ketua RT/RW tingkat Kota Makassar, 26 Februari 2017 lalu. foto: rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pelaksanaan Pemilihan RT/RW Raya (Pilkara) telah usai. Meski sempat disoroti mengenai potensi perpecahan yang ditimbulkan, namun Pemerintah Kota Makassar mengklaim secara keseluruhan prosesnya sudah berlangsung dengan aman, lancar dan sukses.

Saat ini, pemkot sudah mempersiapkan rencana pelantikan ketua RT/RW yang terpilih pada saat pemilihan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Iskandar Lewa, mengaku, jika pihaknya sebelumnya merencanakan pelantikan berlangsung Maret 2017. Namun, ada beberapa pertimbangan, yakni pelaksanaan pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) pada 153 kelurahan sehingga pihaknya terpaksa menunda.

“Jadi nanti setelah itu baru kita lantik serentak, diperkirakan April sudah bisa kita lantik,” ungkapnya diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (27/2).

Saat ini, lanjut dia, pihaknya masih menunggu data hasil rekapitulasi seluruh panitia tingkat kelurahan untuk diserahkan ke Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

“Saat ini kita sementara menunggu laporan dokumen hasil rekapitulasi seluruh panitia tingkat kelurahan,” tambahnya.

Sementara terkait pemilihan Ketua LPM, Iskandar Lewa, mengatakan, prosesnya tidak seperti saat pemilihan ketua RT/RW yang digelar serentak. Pemilihan ketua LPM akan dibuka pendaftaran di masing-masing kelurahan. Kemudian, calonnya akan dipilih langsung oleh ketua RT/RW melalui musyawarah mufakat.

[NEXT-RASUL]

“Pemilihan ketua LPM itu kan tidak diatur oleh perwali namun melalui AD dan ART. Jadi pelaksanaannya tidak sama dengan pemilihan RT/RW yang lalu. Mengenai jadwal pastinya, nanti masing-masing lurah yang menentukan waktunya kapan, Insya Allah Maret sudah digelar,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait janji wali kota mengangkat penasehat wali kota bidang RT dan RT semua kandidat RT/RW yang belum berhasil, sebentar lagi akan ditepati. Pemkot Makassar berencana akan melantik Ketua RT/RW bersamaan dengan penyerahan SK penasehat tersebut.

Sebelumnya, pada pemilihan Ketua RT/RW di Makassar juga dikuti sejumlah figur dari kalangan jurnalis yang bertarung di wilayahnya masing-masing.

Seperti, H Yusuf Wahid (harian Ujungpandang Ekspes), Iqbal Rengge (wartawan Liputan 8), Yusuf Siradjang (wartawan Semangat Pagi), Rony M (wartawan Metro Timur), Agung Tanrasula (wartawan Fajar FM), Akbar T (wartawan Inikata.com), dan Kandar (wartawan Smart City), dan M Rahmat (Bisnis Sulawesi).

Salah satunya yang berhasil terpilih adalah Jusuf Wahid. “Alhamdulillah, atas amanah yang kembali dipercayakan warga kepada saya. Apalagi, saya maju atas dorongan dari warga, saya dapat dukungan untuk mencalonkan diri kembali sebagai Ketua RW,” singkat fotografer media senior yang merupakan incumbent Ketua RW 05, Kelurahan Maricayya, Kecamatan Makassar. (***)


div>