MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Arus Mudik Dipastikan Melonjak Naik, KSOP Parepare Siapkan 12 Armada dan Posko Terpadu

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Jumat , 01 Juni 2018 08:15
Arus Mudik Dipastikan Melonjak Naik, KSOP Parepare Siapkan 12 Armada dan Posko Terpadu

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Kesyahbandaran dan Otiritas Pelabuhan (KSOP) Parepare memastikan jumlah penumpang pada arus mudik lebaran hari raya Idul Fitri tahun ini melonjak naik.

Salah satu pemicu kata dia lantaran, jumlah hari libur atau cuti bersama usai lebaran lebih panjang ketimbang cuti lebaran tahun lalu.

Hal ini diungkap Kepala PT Pelindo Parepare, Yosida M Palesong usai membuka posko terpadu yang ditandai dengan Apel Siaga bersama stakeholder terkait, seperti PT Pelindo, Karantina, Bea Cukai, TNI dan Polsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN) Kota Parepare, di Pelataran Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Kamis (31/5/2018).

Menurutnya, angkutan lebaran 2018 ini, diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang dengan prosentase 2,27 perseb dibanding tahun 2017.

“Terlebih lagi tahun ini, Pemerintah telah memastikan penambahan cuti bersama Lebaran menjadi 10 hari lamanya. Untuk mengantisipasi lonjakan, Ditjen Perhubungan Laut telah menyiapkan kapal laut sebanyak 1.293 unit dengan kapasitas 3,4 juta orang penumpang,” katanya.

Sementara di Parepare kata dia, pihaknya telah menyiapkan ratusan personil dengan 12 armada untuk melayani penumpang arus mudik dan arus balik. “Untuk penambahan armada kami belum siapkan, karena masih suasana arus mudik, belum terlihat adanya lonjakan penumpang,” ujarnya.

Sejumlah fasilitas pendukung juga telah untuk menunjang kenyamanan penumpang.

“Kami siapkan terminal penumpang dengan kapasitas 1500 orang. Lantai 1 dan 2 masing-masing 750 orang, yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, ruang menyusui, wifi, tempat mengecas HP dan kursi roda,” urainya.

Termasuk pula, area perparkiran. “Kami telah memisahkan jalur antara mobil, motor, dan pejalan kaki. Kita bisa melihatnya pada pintu masuk dan keluar pelabuhan,” jelasnya.

Sementara, untuk mengamankan situasi dan mencegah terjadinya pencopetan dan tindak pidana lainnya, Kapolsek KPN Parepare, AKP Saharuddin mengatakan akan menyebar sejumlah anggotanya.

“Semua anggota Polsek kami turunkan. Kami juga akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang. Kami akan teliti memeriksanya, sedetail mungkin,” jelas Saharuddin.

Rencananya penelenggaraan Angkutan laut lebaran tahun 2018 akan dilaksanakan mulai H-15 atau 31 Mei 2018 hingga H+15 yang jatuh pada 1 Juli 2018 mendatang. (MP1/nia)


div>